PERANCANGAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA SEBAGAI SUMBER ENERGI LAMPU DAN PROJECTOR DIRUANG KELAS FAKULTAS TEKNIK UNRIKA

Muhammad Irsyam

Abstract


Sumber bahan bakar saat ini semakin terbatas, terlebih lagi bahan bakar baku konvesional seperti bahan bakar fosil. Salah satu dampak yang dirasakan dari hal ini menyebabkan terjadinya pemadaman bergilir yang dilakukan oleh pihak pembangkit listrik. Matahari merupakan sumber energi yang tak terbatas. Hal ini menjadikan para peneliti melakukan penelitian untuk menggunakan sumber energi matahari sebagai energi terbarukan. Pada dasarnya perancangan alat ini memanfaatkan sinar matahari sebagai pengganti sumber energi listrik yang berasal dari PLN. Dengan menggunakan solar cell untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik . Dari sumber arus searah yang kemudian dikonversi ke arus bolak-balik.
Perancangan yang dilakukan yaitu panel surya dirancang dan diarahkan ke arah cahaya sinar matahari lalu keluaran dari panel surya kemudian disismpan di dalam baterai yang dikontrol oleh solar charge controller lalu diubah ke tegangan bolak-balik memakai inverter. Perancangan panel surya ini dapat mengemat biaya operasional teknologi ini cukup canggih dan keuntungannya adalah harganya murah, bersih, mudah dipasang dan dioperasikan dan mudah dirawat. panel surya menghasilkan energi listrik tanpa biaya, dengan mengkonversikan tenaga matahari menjadi listrik.

Keywords


Energi surya, Inverter, Charge baterai controller

Full Text:

PDF

References


Anita, Eka. Studi Peningkatan Output Modul Surya Dengan Menggunakan Reflektor. Jurnal Fisika Dan Aplikasinya Volume 6, Nomor 2 Juni 2010. Diakses pada tanggal 08 April 2019 dari https://www.unj.ac.id.

Iqbal, Muhammad. 2018. Perancangan Solar Tracker Otomatis Berbasis Fuzzy Logic. Batam. Universitas Riau Kepulauan Batam.

Jatmiko. Pemanfaatan Sel Surya Dan Lampu LED Untuk Perumahan. Surakarta. Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan. 2011. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses dari https://www.ums.ac.id.

M Kurnia, Pebriningtyas, Ali Musyafa. Penulusuran Daya Maksimum Pada Panel Photovoltaic Mengunakan Kontrol Logika Fuzzy. Jurnal Teknik Pomits Vol.2 No.1, (2013). Surabaya. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Prian Gagani Chamdareno, Budiyanto, Fadliondi. Studi Eksperimen Terhadap Panel Surya Dan Inverter. TE-004 e-ISSN 2460-8416. Diakses pada tanggal 09 April 2019 https://www.jurnal.umj.ac.id.

Ronggo Ardi. 2015. Inverter DC Ke AC 500 Watt Dengan Pengisian Otomatis. Yogyakarta. Unviversitas Gadjah Mada. Diakses pada tanggal 26 Agustus 2019 melalui website http://etd.repository.ugm.ac.id/

Salman Rudi. 2010. A nalisis Perencanaan Penggunaan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Untuk Perumahan. Medan. Universitas Negeri Medan. Diakses pada tanggal 09 April 2019 melalui website https://www.unimed.ac.id.

Solar Cell Surya, Charge Controller. 2019. Diakses pada tanggal 08 April 2019 melalui website https://www.solarcellsurya.com.

Solar Cell Surya, Inverter. 2019. Diakses pada tanggal 08 April 2019 melalui website https://www.solarcellsurya.com.

Sugiharto. 2011. Pemanfaatan Energi Matahari Sebagai Catu Daya Pada Base Tranceiver Station (BTS) Makrocell Telkomsel Jakarta. Universitas Mercubuana. Diakses pada tanggal 09 April 2019 melalui website https://www.mercubuana.ac.id.

Teknik Elektronika, Pulse Width Mudulation atau Modulasi Lebar Pulsa, 2019, Diakses pada tanggal 09 April 2019 https://teknikelektronika.com/pengertian-pwm-pulse-width-modulation-atau-modulasi-lebar-pulsa




DOI: https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v4i2.3259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics