PENGARUH ENERGI PEMADATAN TERHADAP KUAT GESER TANAH

Primanita Ersyah Febrina, Dian Hastari Agustina

Abstract


Tanah yang mempunyai kuat geser rendah akan berdampak pada terbatasnya beban yang dapat bekerja diatasnya, untuk itu perlu dilakukannya pemadatan tanah agar pori-pori dalam tanah bisa keluar dan dapat ditempati oleh partikel padat tanah. Namun pemadatan yang berlebihan pada tanah juga dapat menyebabkan struktur tanah menjadi rusak dan tidak mencapai kepadatan maksimum yang diharapkan. Pada penelitian ini, sampel tanah dipadatkan menggunakan alat Standard Proctor dengan variasi pukulan 21, 29 dan 33 pukulan, dan juga variasi lapisan 4 dan 5 lapis tanah. Pada tanah yang telah dilakukan pemadatan selanjutnya akan di uji kuat gesernya menggunakan alat Direct Shear, sehingga akan didapat berapa energi pemadatan yang baik untuk mendapatkan nilai kuat geser yang baik pula. Hasil menunjukkan bahwa peningkatan energi tidak dipengaruhi secara linear melainkan nilai optimum energi pemadatan yang diperlukan untuk memperoleh kepadatan maksimum suatu tanah. Pemadatan yang kurang akan menghasilkan nilai kepadatan yang tidak maksimum, dan juga pemadatan yang berlebihan pada tanah tersebut menyebabkan struktur tanah menjadi rusak dan tidak mencapai kepadatan maksimum seperti yang diharapkan.

Keywords


kuat geser, pemadatan tanah, tanah lempung, energi pemadatan, variasi pukulan dan variasi lapisan

Full Text:

PDF

References


Badan Standarisasi Nasional (BSN). Cara Uji Kepadatan Berat untuk Tanah. Standar Nasional Indonesia, 2008.

B.M. Das, ‘Mekanika Tanah Jilid I,” Erlangga, Jakarta. 1993

H.C. Hardiyatmo, ‘Mekanika Tanah I,” Universitas Gajah Mada Press, Yogyakarta, 2012.

J.E. Bowles, “Sifat-sifat Fisis dan Geoteknis Tanah,” Erlangga, Jakarta, 1991.

K.L. Bretyndah, S. Monintja, A.N. Sarajar, “Korelasi Antara Tegangan Geser dan Nilai CBR pada Tanah Lempung Ekspansif dengan Bahan Campuran Semen,” Jurnal Sipil Statik, Universitas Sam Ratulangi, 2013.

K Terzhagi, R.B. Peck, “ Mekanika Tanah dalam Praktek Rekayasa,” Erlangga, Jakarta. 1993.

L.D. Wesley, “Mekanika Tanah,” Badan Penerbit Percetakan Umum, Jakarta, 1977.

R.F. Craig, ‘Mekanika Tanah,” Erlangga, Edisi ke IV, Jakarta, 1994.

R. Munawir, Yuliana, ”Pengaruh Tingkat Kepadatan Tanah dan Intensitas Hujan Terhadap Besaran Erosi Tanah pada Pasir Berlempung,” Jurnal Universitas Hasanuddin: Makassar, 2008.

R. Safitri, ‘Korelasi Parameter Kuat Geser Hasil Uji Geser Langsung dan Uji Triaksial pada campuran Tanah Lempung Pasir,” Jurnal Sains dan Teknologi, Universitas Riau, Pekanbaru. 2011.

Y.Yudistira, S. Permana, I. Farida, “Analisa Kepadatan Tanah pada Timbunan di Saluran Irigasi dengan Metode Pengujian Proctor dan Sand Cone,” Jurnal Konstruksi, Sekolah Tinggi Teknologi Garut, Garut. 2015.




DOI: https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v4i2.3622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics