ANALISIS PENGARUH FLOW RATE BACKING GAS TERHADAP KUALITAS PENGELASAN DUPLEX STAINLESS STEEL

Ayub Fitra Arianto, Agus Umar Ryadin, Arif Rahman Hakim

Abstract


Duplex stainless steel merupakan material stainless steel yang memiliki dua fasa yaitu ferrite dan austenite. Dengan adanya kombinasi dua fasa tersebut menjadikan material ini memiliki ketangguhan dan juga ketahanan korosi yang baik. Selain itu material ini juga memiliki kelemahan yaitu oksidasi saat pengelasan sehingga diperlukan perlakuan khusus dalam melakukan pengelasan material ini. Penggunaan backing gas saat pengelasan merupakan cara untuk mengurangi terjadinya oksidasi pada area lasan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh flow rate backing gas terhadap kualitas lasan. Dimana kualitas lasan dilihat dari segi visual, kandungan ferrite, komposisi kimia dan kekerasan.Pada penelitian ini flow rate backing gas yang digunakan yaitu 10 lpm, 20 lpm da 30 lpm. Hasil pengujian visual dari ketiga spesimen tidak terlihat cacat las yang terjadi di area root maupun capping. Sementara hasil pengujian kandungan ferrite menunjukkan pengelasan dengan flow rate backing gas 10 lpm sebesar 36,83% , flow rate 20 lpm sebesar 45,88% dan untuk flow rate 30 lpm sebesar 61,15%. Semakin besar flow rate backing gas yang diberikan maka kandungan ferrite semakin besar.Hasil pengujian komposisi kimia menunjukkan kandungan chrome terbesar pada flow rate 30 lpm sebesar 22,45% dan yang terkecil pada flow rate 10 lpm sebesar 21,56%. Hasil pengujian kekerasan menunjukkan nilai kekerasan tertinggi untuk masing-masing spesimen yaitu pada area HAZ.

Keywords


pengelasan; laju aliran; backing gas; duplex stainless steel; kandungan ferrite

Full Text:

PDF

References


Amman, T. (2010). Purging While Welding. BOC, 1-16

API Standard 1104 21st edition (2013). Welding of Pipelines and Related Facilities. Washington D.C,USA

Arjanto, Bagas Rama Putra (2019). Analisa Penggunaan Jenis Backing Gas Pada Pengelasan GTAW Pipa Stainless Steel 316L Full Layer Terhadap Struktur Mikro, Kekerasan, Ferrite Content, dan Laju Korosi. Surabaya. Indonesia

ASME BPVC Section II Part C (2019). Spesification for Welding Rod , Electrode and Filler metal. New York,USA

Aufa, Prima Adam (2019). Analisis Variasi Backing Gas pada pengelasan Duplex stainless steel 31803 terhadap struktur mikro,kekerasan, laju korosi dan ferrite konten. Surabaya. Indonesia.

Sanjaya, Fredyo Dwi (2018). Analisis Penggunaan Filler Metal TGX 308L dan TGF 316L Sebagai Pengganti Filler Metal ER 308L dengan Pengelasan GTAW Terhadap Sifat Mekanik dan Struktur Mikro. Tugas Akhir Sarjana Sains Terapan dari Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Surabaya

Suharno,Bambang dan Sri Harjanto. (2007).”Karakteristik dan Pemilihan Material Duplex Stainless Steel”. Indonesia: Departement Teknik Metallurgi dan Materials Universitas Indonesia.

TEP Procedure (2018).Ferrite Test Procedure, BP Tangguh, Indonesia

TEP Procedure (2018).Hardness Test Procedure, BP Tangguh, Indonesia




DOI: https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v4i2.3628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics