PENGARUH KADAR AIR TERHADAP KUAT GESER TANAH

Egi Giandara, Dian Hastari Agustina

Abstract


Tanah merupakan material yang sangat penting untuk konstruksi bangunan sebagai penyalur beban pondasi, maka harus mempunyai daya dukung tanah yang cukup. Daya dukung tanah didapat dari adanya kuat geser tanah yang mampu melawan tegangan geser saat tanah terbebani. Kadar air tanah (Water Content) berpengaruh terhadap kepadatan kering tanah (  ). Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kadar air terhadap kuat geser tanah, maka dilakukan pengujian geser langsung dengan variasi kadar air yang berbeda. Tanah yang dicampur dengan variasi kadar air , -4%, -2%,OMC, +2%, dan +4% dari nilai kadar air optimum (OMC), dipadatkan dengan standar proctor test, hasil pemadatan diuji geser langsung (Direct Shear Test) untuk mendapatkan nilai sudut geser (φ) dan kohesi tanah (c). Hasil uji geser dengan penambahan kadar air -4% dari nilai OMC, nilai sudut geser tanah terbesar yaitu 68,28º dengan kohesi 0,48 kg/cm², sedangkan penambahan kadar air +4% dari nilai OMC nilai sudut geser tanah terkecil yaitu 9,09º dengan kohesi 0,16 kg/cm². Kadar air pada tanah berpengaruh terhadap kuat geser tanah, semakin besar kandungan air pada saat pemadatan tanah, akan semakin kecil nilai sudut geser tanah dan nilai kohesi tanahnya.


Keywords


Tanah, kadar air optimum, standar proctor test, direct shear test, sudut geser, kohesi.

Full Text:

PDF

References


Archenita D, Nengsih S, Liliwarti, dan Mirani .Z. Perilaku Siklus Drying Wetting Terhadap Kuat Geser Tanah Untuk Menentukan Kestabilan Lereng pada Ruas Jalan Padang-Bukittinggi (Anai Valley), volume 8, ISSN 1858-3709. 2013.

Bowles, J. E. Sifat-sifat Fisis dan Geoteknis Tanah. Erlangga: Jakarta.

Das, B. M. Mekanika Tanah (Prinsip – Prinsip Rekayasa Geoteknik) Jilid 1. Erlangga: Jakarta. 1993.

Hardiyatmo, H. C. Mekanika Tanah I. Universitas Gajah Mada Press: Yogyakarta. 2012

Liliwarti, Silvianengsih, dan Sastramirat. Karakteristik Sifat Mekanik Tanah Lempung Terhadap Kadar Air, Rekayasa Sipil, Vol 4, ISSN 2252-7690. 2015.

Nurdin S. Pengaruh Siklus Pengeringan dan Pembahasan Terhadap Kuat Geser dan Volume Tanah, Vol 12, ISSN 1411-0954. 2010.

Santosa B., Suprapto H., dan Suryadi HS. Mekanika Tanah Dasar. Gunadarma: Jakarta. 1988.

Santosa B., Suprapto H., dan Suryadi HS. Mekanika Tanah Lanjutan. Gunadarma: Jakarta. 1988.

Setiawan A, Iswan, dan Setyanto. Pengaruh Kuat Tekan dan Kuat Geser Pada Sampel Dry Side of Optimum (Optimum Kering) dan Wet Side of Optimum (Optimum Basah) Tanah Organik, Vol 3, ISSN 2303-0011. 2015

Wuryanti D. R. Pengaruh Usaha Pemadatan Tetap Pada Perubahan Kandungan Air Terhadap Nilai CBR Laboratorium Tanah Dasar (Subgrade) Di Jalan Penawangan – Purwodadi. Universitas Negeri Semarang, Semarang. 2010.

Zulkhairi. “Kajian Karakteristik Tanah Bauksit Sebagai Bahan Konstruksi Jalan di Pulau Bintan Propinsi Kepulauan Riau”. Universitas Gajah Mada, Yogykarta. 2012.




DOI: https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v1i2.3647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics