KUALITAS TAMAN KOTA SEBAGAI RUANG PUBLIK DI KOTA TANJUNGPINANG BERDASARKAN PERSEPSI PENGGUNA (STUDI KASUS: TAMAN LAMAN BOENDA)

I Gusti Ngurah Anom Gunawan, Hendro Murtionoama, Stivani Ayuning Suwarlan

Abstract


Taman kota merupakan salah satu bagian dari ruang terbuka hijau publik yang memiliki berbagai aktivitas. Taman kota sebagai ruang publik perkotaan dapat dikatakan memenuhi kualitas apabila mencapai kelayakan terhadap beberapa kriteria: pelayanan pengguna/pengunjung, tingkat aktivitas pengguna, tingkat kebermaknaan serta kemudahan akses. Kota Tanjungpinang memiliki beberapa taman kota dengan jumlah pengunjung yang berbeda beda. Persepsi pengguna taman kota adalah salah satu cara untuk mengetahui kualitas taman kota di Kota Tanjungpinang supaya dapat dipergunakan secara maksimal. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas taman kota yang berfungsi sebagai ruang publik di Kota Tanjungpinang berdasarkan persepsi penggunanya. Dalam Penelitian ini menggunakan metode skoring dengan pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatif. Berdasarkan kriteria dari taman kota, digunakan sebagai studi kasus penelitian ini yaitu Taman Laman Boenda. Sampel dari peneliian ini adalah pengguna taman. Data yang diperoleh dengan menggunakan kuisioner yang diisi oleh pengguna taman. Analisis setiap kriteria kualitas taman akan dilakukan dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi untuk mengetahui modus dari kategori jawaban setiap variabel. Pada akhir analisis dilakukan skoring supaya mengetahui tingkat kualitas taman kota Laman Boenda. Hasil dari  analisis akan  menunjukkan bahwa elemen taman kota dengan kondisi yang  cukup  meliputi kenyamanan pengguna, tingkat aktivitas, tingkat kebermaknaan, kemudahan akses, sehingga kualitas taman  kota di Tanjungpinang berdasarkan persepsi pengguna yaitu Taman Laman Boenda  berada pada kondisi cukup. Berdasarkan kajian teori, isu, serta hasil analisis terkait taman kota, maka diperoleh hasil bahwa kualitas taman kota di Kota Tanjungpinang dalam kondisi cukup.


Keywords


kualitas; persepsi; taman kota

Full Text:

PDF

References


Anggit Pratomo, Soedwiwahjono, Nur Miladan, Kualitas Taman Kota Sebagai Ruang Publik di Kota Surakarta Berdasarkan Persepsi dan Preferensi Pengguna, Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indoensia, 2019.

Azzaki, Persepsi Masyarakat Terhadap Ruang Terbuka Publik di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia, 2013.

Carr, Stephen, Mark Francis, Leane G. Rivlin and Andrew M. Store, Public Space Australia, Press Syndicate of University of Cambridge, United Kingdom, 1992.

Darmwawan, Edy, Ruang Publik, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia, 2007

Dwiyanto, Kuantitas dan Kualitas Ruang Terbuka Hijau di Lingkungan Perkotaan, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia, 2009.

Edy Darmawan, Analisa Ruang Publik Arsitektur Kota Semarang, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia, 2005.

Eko Budiharjo, Djoko Sujarto, Kota Yang Berkelanjutan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Indonesia, 1998.

Hakim dan Utomo, 2003, Sifat Ruang Publik, Bumi Aksara, Jakarta, Indonesia, 2003.

Kustianingrum. (2013). Fungsi dan Aktifitas Taman Ganesha sebagai Ruang Publik di Kota Bandung, Jurnal Reka Karsa, Bandung, Indonesia, 2013.

Matthew Carmona, Tim Heath, Taner Oc, Steve Tiesdell, Public Space Urban Space, Architectural Press, Burlington, USA, 2006.

Mulyani.T.H., Arsitektur Ekologis, Kanisus, Yogyakarta, Indonesia, 2006.

Nursanto, Analisa Taman Menteng Sebagai Taman Kota Berdasarkan Kriteria Kualitas Taman Jakarta Pusat. Jurnal Planesa 10 Volume 2, Nomor 1 Mei 2011, Jakarta Indonesia, 2011.

Parkinson, John R, Democracy & Public Space, The Physical Sites of Democratic Performance New York, Oxford University Press, England, 2012.

Peraturan Menteri PU Nomor 05/Prt/M/2008, Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang terbuka Hijau di Kawasan Perkotaan, Menteri PU, Jakarta, 2008.

Philip Kotler, Bambang Sarwiji, Benyamin Molan, Menagement Pemasaran, Indeks, Jakarta, Indonesia, 2005

Rob Krier, New York, Rizzoli International Publication, INC, New Yok, USA, 1979.

Sugihartono, Psikologi Pendidikan, UNY Press, Yogyakarta, Indonesia, 2007




DOI: https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v5i1.3890

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



E-ISSN 2599-0616

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika.ftunrika@yahoo.com