ANALISA KEBUTUHAN DAYA LISTRIK DI KAPAL SELF PROPELLED OIL BARGE (SPOB) PERKASA_SAMUDERA 1

Yanto Yanto, Toni Kusuma Wijaya, Endang Susanti

Abstract


Abstrak

 

Kapal Self Propelled Oil Barge (SPOB) Perkasa Samudera 1 terdiri dari peralatan electric power atau generator, sistem pembagian daya dan berbagai peralatan pendukung lainnya. Generator digunakan untuk menghidupkan motor-motor listrik beserta berbagai macam peralatan lainnya di kapal. Oleh karena itu diperlukan ketersediaan kapasitas daya pembangkit yang memadai. Untuk mengetahui besarnya daya listrik yang sebenarnya dibutuhkan oleh kapal, penulis memulai dari men-data spesifikasi setiap komponen peralatan yang digunakan, kemudian dilakukan proses perhitungan data sesuai dengan spesifikasi komponen peralatan tersebut. Selanjutnya data perhitungan komponen peralatan listrik yang digunakan dikelompokkan berdasarkan fungsi dan juga kondisi kerja yang meliputi berlayar, beroperasi, bersandar, fifi system. Setelah menghitung setiap bagian di-semua kondisi, langkah selanjutnya adalah menghitung output dari generator atau kapasitas generator yang akan digunakan dikapal. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, load factor dengan faktor terendah pada kondisi beroperasi sebesar 63% dan load factor dengan faktor tertinggi pada kondisi fifi system yaitu 82% dengan penggunaan generator masih memenuhi standar regulasi BKI.

 

Kata kunci: Self Propelled Oil Barge, Generator, Faktor Daya, Perhitungan


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

A. Suyanto, “Jurnal Perancangan Kebutuhan Daya Listrik Pada Kapal Perintis 2000 GT Dengan Electric Balance BKI,” vol. 1, pp. 1–14, 2017.

Biro Klasifikasi Indonesia. (2016). Rules for The Classficiation and Construction – Part 1. Seagoing Ship – Volume IV Rule for Electrical Installations. Jakarta: BKI.

A. B. Setyoko, E. S. Hadi, dan U. Budiarto, 2013, “Analisis Optimasi Kebutuhan Daya Listrik Pada Kapal Penumpang Ro-Ro KM. Egon Dengan Metode Dynamic Programming,” Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 1, no. 2.

E. Prayetno, 2016, "Sistem Installasi Listrik Perkapalan." Teknik Elektro UMRAH.

Yanmar, Manual Book : yanmar diesel engine. Model 6HAL2-WT. Operation Manual. Yanmar Corp.

Yanmar, Manual Book : yanmar diesel engine. Model 4TNV106T-GGE. Operation Manual. Yanmar Corp.

Yanmar, Manual Book : yanmar diesel engine. Model 6AYM-WET. Operation Manual. Yanmar Corp.

R. H. B. I. Purba, E. S. Hadi, dan U. Budiarto, 2015, “Analisis Optimasi Penentuan Kapasitas Daya Generator Pada Kapal KM. Sinabung,” Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 3, no. 2.




DOI: https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v5i1.4140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



E-ISSN 2599-0616

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika.ftunrika@yahoo.com