PERANCANGAN ALAT SISTEM MONITORING DAYA PANEL SURYA BERBASIS INTERNET OF THINGS

Pamor Gunoto, Arief Rahmadi, Endang Susanti

Abstract


Listrik merupakan sebuah kebutuhan pokok umat manusia dalam memenuhi kebutuhan energi. Sumber energi alternatif yang dapat digunakan untuk menghasilkan listrik adalah energi matahari yang merupakan sumber energi baru dan terbarukan. Pembangunan PLTS dalam permasalahan ini merupakan hal yang sangat urgensi untuk dikembangkan. Pemanfaatan PLTS sebagai sumber energi alternatif maka diperlukan alat untuk memonitor sistem PLTS tersebut. Alat sistem monitoring daya PLTS dalam penelitian ini menggunakan sensor arus dan tegangan yang terhubung dengan mikrokontroller ESP8266 serta berbasis Internet of Things (IoT) dengan menggunakan jaringan internet indihome. Alat ini juga dapat menampilkan data tegangan, arus dan daya yang dihasilkan dengan menggunakan LCD dan alat komunikasi smartphone menggunakan aplikasi Blynk. Hasil yang diperoleh dari pengujian bahwa alat sistem monitoring PLTS ini dengan IoT ini bekerja dengan baik dalam membaca dan menampilkan data berupa tegangan, arus, daya serta energi yang dihasilkan panel surya tersebut rata-rata persentase ketepatan yang mencapai diatas  95%.


Keywords


Energi baru terbarukan, Daya PLTS, Mikrokontroler ESP8266, Internet of Things, Smartphone

Full Text:

PDF

References


M. Natsir, D. Bayu Rendra, and A. Derby Yudha Anggara. (Maret 2019). Jurnal PROSISKO. Implementasi IoT Untuk Sistem Kendali AC Otomatis Pada Ruang Kelas di Universitas Serang Raya. (6)1. hal. 69-74.

A. Mubarak ‘Aafi, J. Jamaaluddin dan I. Anshory. Implementasi Sensor Pzem-017 Untuk Monitoring Arus, Tegangan dan Daya Pada Instalasi Panel Surya dengan Sistem Data Logger Menggunakan Google Spreadsheet dan Smartphone,” SNESTIK Seminar Nasional Teknik Elektro, Sistem Informasi, dan Teknik Informatika. hal 191-196

Riswandi, “Sistem Kontrol Vertikal Garden Menggunakan NodeMCU ESP8266 Berbasis Android,” Tugas Akhir, Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alaudin Makasar, Makasar. 2019.

Ade Budiman dan Yudi Ramdhani. Pengontrolan Alat Elektronik Menggunakan Modul NodeMCU ESP8266 Dengan Aplikasi Blynk Berbasis IoT. Dalam eProceding Teknik Informatika (PROTEKTIF). Vol. 2 No.1 Juni 2016, hal 68-74.

M. Fajar Wicaksono (2017). Jurnal Teknik Komputer UNIKOM. Implementasi Modul Wifi NodeMCU ESP8266 Untuk Smart Home. (6)1. hal 1-6.

F. Fauzi, I. Sari Areni dan I. Chaerah Gunadin (2022). Jurnal EKSITASI. Rancang Bangun Alat Telemetri Parameter Pembangkit Listrik Tenaga Surya Berbasis IoT. (1)1. hal 14-21.

D. Auliya Saputra, Amarudin and Rubiah (Juni 2020). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kendali dan Listrik. Rancang Bangun Alat Pemberi Pakan Ikan Menggunakan Mikrokontroler. (1)1. hal 7-13.

L. Prihasworo, D. Woro Fittrin, U. Yusmaniar Oktiawati and H. Nur Isnianto dan Yulianus Wahyo Setyono (Desember 2020). Jurnal Listrik, Instrumentasi dan Elektronika Terapan. Rancang Bangun Smart DC Current and Voltage Monitoring Dengan Thingspeak Pada Simulator PLN Laboratorium Teknik Tenaga Listrik UGM. (1)2. hal 39-48.




DOI: https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v5i2.4555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics