PENGEMBANGAN TRAINER KIT PADA PRAKTIKUM MIKROKONTROLER BERBASIS INTERNET OF THINGS MENGGUNAKAN BLYNK

Muhammad Mufti Wibowo, Reza Nandika

Abstract


Pengembangan ini bertujuan untuk meningkatkan trainer kit dari bersifat tanpa menggunakan jaringan internet yang hanya di aplikasikan dengan menghidupkan motor dc, lampu flip-flop, menampilkan text di lcd 16x2, dan menginput text dari keypad modul ke lcd 16x2 menjadi menggunkan internet seperti menghidupkan lampu dengan aplikasi Blynk, monitoring pemakaian arus listrik dengan aplikasi Blynk, memonitoring suhu dan menghidupkan motor fan dc disaat suhu dititik tertentu melalui aplikasi Blynk, mengontrol dan memonitoring kecepatan motor fan dc mlalui aplikasi Blynk. Pengembangan trainer kit ini supaya dapat mengikuti perkembangan dan kebutuhan indtustri 4.0, pengembangan ini memerlukan konsep Internet of Things yan dimana sebuah objek dapat mentransmisikan dan mengirimdata melalui jaringan tanpa bantuan manusia. Pengiriman data dan penerima data melalui microkontroler yang berjenis Wemos D1 R1 yang dilengkapi modul ESP8266 yang dapat terhubung ke jaringan wifi maupun hostpot. Pengembangan ini di terapkan di jurusan teknik elektro universitas riau kepulauan, supaya mahasiswa teknik elektro mampu bersaing di dunia industry 4.0.


Keywords


Trainer KIT, Mikrokontoler, Wemos D1 R1, Internet of Things, Blynk

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

M. R. A. N. N. A. Y. M. M. Sri Yeni Widianti, Pengembangan Modul Telemetri dan Sistem Peringatan Dini Berbasis IoT (Internet of Things) pada Laboratorium Mikroprosesor dan Interface, vol. 5, p. 1, 2021.

A. S. T. Putra, “S1 Thesis,” PENGEMBANGAN TRAINING KIT TELEMETRI BERBASIS LORA SX1278 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA

MATA KULIAH TELEMETRI DI PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA UNY, 13 Febuary 2020.

U. R. d. Suprapto, “KEEFEKTIFAN TRAINER DIGITAL BERBASIS MIKROKONTROLER,” Jurnal Kependidikan, vol. 44, pp. 127-138, 2014.

“Pengertian Mikrokontroler (Microcontroller) dan Strukturnya,” Teknik Elektronika, [Online]. Available:https://teknikelektronika.com/pengertianmikrokontroler-microcontroller-struktur mikrokontroler/. [Diakses 05 Febuary 2022].

M. R. Adani, "Mengenal Apa Itu Internet of Things dan Contoh Penerapannya," Sekawanmedia.co.od, 23 November 2020. [Online].Available: https://www.sekawanmedia.co.id/blog/pengertian-internet-of-things/. [Accessed05 Febuary 2022].

Kurniawan, "A Karya Umum," SISTEM PENGENDALI PERALATAN RUMAH TANGGA BERBASIS APLIKASI BLYNK DAN WEMOS D1 R1 ESP8266, 28 Agustus 2017.

M. M. Wibowo, “Perancangan Sistem Penghitung Parkir Mobil Menggunakan IR Sensor Obstacle Berbasis Arduino Uno,” 2021.

F. A. D. R. Pradana, "MONITORING SUHU PADA RUANG SERVER MENGGUNAKAN WEMOS D1 R1," Thechnologia, vol. 12, p. 1, 2021.




DOI: https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v5i2.4601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics