RANCANG BANGUN TRAINER SIMULATOR UNTUK PELATIHAN AIR CODITIONAL R22

Yunesman yunesman

Abstract


Pengenalan teknologi baru harus dilakukan dalam proses kegiatan belajar mengajar  dan pelatihan agar peserta didik mampu menjadi kader yang siap dalam menghadapi tantangan dunia di era teknologi. Kualitas proses pembelajaran akan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Salah satu faktor yang dapat mendukung kualitas hasil belajar peserta  pelatihan adalah ketersediaan media pembelajaran.  Dalam proses pelatihan terjadi proses interaksi, menunjukkan merupakan proses komunikasi. Komunikasi terjadi antara penyampai pesan dengan penerima pesan lebih mudah  menggunakan media pembelajaran sebagai   miniatur atau replika dari benda aslinya yang lebih dikenal dengan  sebutan trainer simulator yang sangat penting  dan mempengaruhi penyerapan informasi  dalam  pembelajaran dan pelatihan.

Rancang bangun Trainer Simulator Air conditional  ini bertujuan   melihat proses rancang bangun, keefektifan praktikalitas serta  kemudahan  peserta training dalam memahami pelatihan  Air conditional dengan menggunakan  trainer simulator Air Conditional  sebagai alat bantu pelatihan.

Hasil rancang bangun trainer simulator , didapatkan satu unit trainer simulator Air Conditional ,yang dapat membuktikan tingkat  efektifitas berdasarkan  kerja refrigerant pada tekanan 60-70  PSI dengan hasil Coefficient of performance  4,4 – 4.6 dengan penggunaan arus yang nominal (3,3 Ampere), dari segi penggunaan trainer simulator  kepada instruktur dan peserta pelatihan, tingkat praktikalitas  didapat adalah 80% oleh instruktur 90 % oleh peserta pelatihan. Simpulan  Rancang bangun Trainer Simulator Air conditional  dapat melihat proses rancang bangun ,keefektifan dan kemudahan  peserta training dan lebih memahami pelatihan dengan  menggunakan  trainer simulator Air Conditional .


Keywords


Trainer simulator, Air Conditional, Efektifitas, Standar Kompetensi, Coefficient of performance, Praktikalitas

Full Text:

PDF

References


Pressman, R. S., 2009, Software Engineering: A Practitioner's Approach, Ed.7, McGraw-Hill, New York.

Suryani, Nunuk. (2013). Pengembangan Model Internalisasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Sejarah Melalui Model Value Clarification Technique. Paramita Vol. 23 No. 2 – Juli 2013, hlm. 208 – 219.

Wahyudi, Lukman dan Tri Rijanto. 2017. “Pengembangan Trainer Miniatur Pintu Perlintasan Kereta Api Berbasis PLC Untuk Meningkatkan Standar Kompetensi Merangkai PLC Di SMK Dwija Bakti Jombang”. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, vol. 6, no. 1.

Model Course 6.10 Train the Simulator Trainer and Assesor, 2012 Edition

Raharjo, Samsudi. (2011), Efektifitas Penggunaan MUSIcool Pada Mesin Pengkondisian Udara Merk Panasonic dan Toshiba, Prosiding Seminar Nasional Sains 2, Unwahas

.[6] Azwar. Saifuddin. 2013. Metode Penelitian . Yogyakarta: Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v4i1.5053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics