PELAYANAN TRANSFORTASI LAUT DI PULAU BELAKANG PADANG KOTA BATAM SEBAGAI PENDUKUNG PARIWISATA DAERAH DALAM KERANGKA GOOD GOVERNANCE

Edi Indera, Alberth R Reinold Palit, Teguh Eko Raharjo, Hari Dewi Purwasih

Abstract


Transportasi merupakan salah satu sarana yang dapat menjadi media penghubung antar manusia dengan tempat tujuan tertentu. Transportasi memberikan kemudahan bagi manusia dalam melaksanakan aktivitasnya sehari – hari, baik dalam pemenuhan kebutuhan hidup maupun dalam melakukan interaksi antar manusia. Untuk mencapai kenyamanan, keamanan dalam beraktivitas, dibutuhkan sistem transportasi yang aman ramah dan bermartabat. Karena sistem transportasi   merupakan   aspek   yang   paling    penting    dalam    menjalankan perekonomian maka harus dikelola dengan baik. Lokasi penelitian ini dilakukan di Pulau Belakang Padang dengan tujuan  untuk mengetahui bagaimana pelayanan serta karakteristik transportasi laut di Pulau Belakang Padang Kota Batam dalam kerangka Governance, Penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan transportasi laut di Pulau Belakang Padang berjalan lancar karena adanya peran Pemerintah yaitu Dinas Perhubungan yang bekerjasama dengan pihak swasta atau koperasi masyarakat seperti Penyediaan transportasi laut dimana masyarakat Pulau Belakang Padang sebagai pengguna jasa transportasi laut tersebut. Jika dilihat dari prinsip good governance responsivitas pemerintahnya memang sudah ada pengawasan dari pihak pemerintah,  tetapi sarana transportasi yang dimiliki pihak swasta juga belum        efektif dan efisien untuk dijadikan sarana transportasi yang layak bagi masyarakat Pulau Belakang Padang.


Keywords


Transportasi, Good Governance, Belakang Padang

Full Text:

PDF

References


Aji, Setio. 2015. Kualitas Pelayanan Transportasi Publik (Studi Deskriptif tentang Kualitas Pelayanan Kapal Penumpang Trayek Gresik-Bawean di Pelabuhan Gresik).

Dwiyanto, Agus. 2006. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Dwiyanto, Agus. 2011. Manajemen Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Keban, Yeremias T. 2014. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik, Yogyakarta: Gava Media.

Miro, Fidel. 2012. Pengantar Sistem Transportasi. Jakarta: Erlangga.

Nasution. 2008. Manajemen Transportasi. Bogor: Ghalia Indonesia.Salim, Abas.2006.Manajemen Transportasi. Jakarta:

Raja Grafindo Persada Serdamayanti. 2013. R eformasi AdministrasiNegara,Reformasi Birokrasi, dan Kepemimpinan Masa Depan. Bandung: PT Refika

Aditama. Sugiyono, 2007. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tangkilisan, Hassel Nogi S. 2005. Manajemen Publik. Jakarta: Mole, Elsi. 2016. Kualitas Pelayanan Publik (Studi kasus Pelayanan di Unit Usaha Transportasi Laut PD.Panca Karya Ambon)

Putra, Andi Anggara Pratama. 2014. Pelayanan Transportasi Laut di Pelabuhan Penyeberangan Pammatata Kabupaten Kepulauan Selayar.




DOI: https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v6i1.5118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics