SISTIM PENGUNCI MEKANIK SEBAGAI SOLUSI POKAYOKE KEAMANAN PINTU LIFT PENGANGKUT BARANG

Arif Rahman Hakim

Abstract


Penggunaan alat angkut barang sangat banyak ditemukan dalam kegiatan sehari hari, termasuk dalam kegiatan produksi. Salah satu alat angkut barang yang dipakai adalah lift. Alat ini digunakan untuk mengangkut barang antar lantai produksi. Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah persyaratan keamanan. Ini untuk memastikan bahwa alat tersebut tidak mencelakai pengguna maupun barang. Dalam kegiatan industri, kecelakaan adalah prioritas utama yang harus dicegah. Penggunaan alat pengangkutan antar lantai atau lift mempunyai risiko berupa terjatuhnya lift, tergencet atau kecelakaan. Salah satu potensi masalah keamanan lift adalah pintu lift yang dapat terbuka atau dibuka saat lift sedang beroperasi. Konsep poka yoke atau anti salah merupakan konsep yang dapat diterapkan untuk mencegah terjadinya kesalahan termasuk kecelakaan. Pada studi ini, dibahas tentang sistem pengaman pintu lift agar tidak bisa dibuka pada saat lift bekerja. Ada beberapa alternatif yang dapat dilakukan. Pada kajian ini, alternatif yang dipilih adalah sistem pengunci pintu mekanis yang menerapkan konsep poka yoke. Sistem kunci mekanis ini akan membuat pintu lift tidak dapat dibuka pada saat lift beroperasi. Pengujian berulang terhadap desain pengunci mekanis yang dibuat dengan penerapan konsep poka yoke menunjukkan bahwa desain tersebut bekerja secara efektif mencegah pintu lift dapat dibuka saat lift dioperasikan.


Keywords


Poka Yoke, Keamanan, Lift.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Fawaz, Lean Manufacturing Tools and Techniques In The Process Industry With the Focus on Steel, Dissertation, University of Pittsburgh, 2003.

Akinlawon, Akin, Thinking Of Lean Manufacturing System

Becker, Ronald, Lean Manufacturing And The Toyota Production System.

Fanani, Zaenal,dkk., Implementasi lean manufacturing untuk peningkatan produktivitas (studi kasus pada pt. ekamas fortuna malang), Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XIII, Program Studi MMT-ITS, Surabaya, 5 pebruari 2011.

Fitriyah, Ni’matul., Peningkatan mutu produk kain grei pada departemen weaving iii PT. Dan liris Sukoharjo dengan menggunakan pendekatanLean six sigma, Skripsi, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2012.

Irianto, Dradjad, Lean Manufacturing – Materi Diklat Sistem Industri I, Pusdiklat Industri, Jakarta, 2012.

Jahja, Kristianto, 5R, Productivity & Quality Management Consultants, Jakarta Pusat, 1995.

Jeffrey K. Liker, The Toyota Way: 14 Management Principles from theWorld's Greatest Manufacturer, McGraw-Hill © 2004.

Monden, Yasuhiro, Sistem Produksi Toyota, Seri Manajemen Operasi No.8, Edisi Indonesia, Cetakan pertama, PPM, Jakarta, 1995.

Osada, Takashi, Sikap Kerja 5S. Seri Manajemen No:160, Edisi Indonesia, Cetakan pertama, PPM, Jakarta, 1995




DOI: https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v6i1.5119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics