PERANCANGAN SISTEM MONITORING KECEPATAN ANGIN DAN TEMPRATURE UDARA BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)

Joshua Willy Manalu, Pamor Gunoto

Abstract


Angin merupakan salah satu bentuk dari energi alam yang dapat dimanfaatkan untuk menjadi energi baru dan terbarukan. Salah satu kendala dalam proses pemanfaatan energi angin adalah proses monitoring yang tidak maksimal terhadap titik-titik potensial suatu daerah penghasil energi angin yang mampu untuk menggerakkan proses pembangkitan energi listrik. Penelitian dilakukan untuk merancang pengukur kecepatan angin dan temperatur udara berbasis mikrokontroler wamos D1 mini esp8266 menggunakan sensor anemometer, BMP 280 serta aplikasi  blynk menjadi media untuk memberikan masukan menjadi dasar menjalankan perintah. Metode penelitian yang dilaksanaan pada penelitian ini adalah metode kualitatif, perancangam sistem ini berisi input, proses, dan output. Hasil dari penelitian ini adalah dapat memonitoring kecepatan angin dan temperatur udara dari jarak jauh oleh pengguna menggunakan aplikasi blynk untuk mempermudah dalam proses monitoring. Adapun tingkat kesalahan (error) yang diperoleh antara alat perancangan dan alat ukur standart yang dipasaran sebesar 0,55%.

 


Keywords


Kecepatan angin, Sensor anemometer, BMP 280, Wamos D1 mini esp8266, Blynk

Full Text:

PDF

References


Yuri Pramono, Warsito dan Syafriadi. “Monitoring Data Kecepatan Dan Arah Angin Secara Real Time Melalui WEB” Vol.0 4, No. 02, Juli Tahun 2016.

Muhamad Yusvin Mustar, Rama Okta Wiyagi.“Implementasi Sistem Monitoring Deteksi Hujan dan Suhu Berbasis Sensor Secara Real Time” Vol. 20, No. 1, 20-28, Mei 2017.

Suwarti, Mulyono, Budhi Prasetiyo, Ahmad Rifa’I, ika Rahma Diastiara,Lussy Indriyani,Wisudawan Prasodjo Putro. “Pembuatan Monitoring Kecepatan Angin Dan Arah Angin Menggunakan Mikrokontroler Arduino”, Semin. Nas. Pendidikan, Sains, dan Teknol., Vol.5, No.1, pp. 56-64, 2017.

Riza Samsinar, Rifan Septian, Fadliondi. “Alat Monitoring Suhu Kelembapan dan Kecepatan Angin dengan Akuisisi Database Berbasis Raspberry Pi” RESISTOR (Elektronika Kendali Telekomunikasi Tenaga Listrik Komputer), Vol. 3 No. 1 2014.

Jabar Lazuarde, Rifki Aditya Hamzah, Muh Arjun Wijanarko. “SISMONIKA: Sistem Monitoring Kecepatan Angin” Yogyakarta, 21 Juni 2021.

R. Samsinar, R. Septian, and F. Fadliondi, “Alat Monitoring Suhu Kelembapan dan Kecepatan Angin dengan Akuisisi Database Berbasis Raspberry Pi,” Elektron. Kendali Telekomun. Tenaga List. Komput., vol. 3, no. 1, p. 29, 2020.

Rian Anjasmara, Tnn Suhendra, dan Anton Hekso Yunianto Implementasi Sistem Monitoring Kecepatan Angin, Suhu, dan Kelembaban Berbasis Web di Daerah Kepulauan” Journal Of Applied Electrical Engineering), Vol. 3, No. 2, Desember 2019.

R. Banodin, A. Fatchur Rochim, and T. Andromeda, “Alat Penunjuk Arah Angin dan Pengukur Kecepatan Angin Berbasis Mikrokontroller AT89C51,” Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip, 2011.

O. Derek, D. Elia, K. Allo, and N. M. Tulung, “Rancang Bangun Alat Monitoring Kecepatan Angin Dengan Koneksi Wireless Menggunakan Arduino Uno,” E-Journal Tek. Elektro Dan Komput., vol. 5, no. 4, pp. 1–7, 2016.

T. Muzakkir, H. Sihombing, E. Mardianto, dan

F. Faisal, “Rancang Bangun Alat Ukur Kecepatan Angin Dari Jarak Jauh Melalui Website Untuk Kebutuhan PLT Angin Daerah Wisata Pantai Kalimantan Barat,” vol. 4, pp. 64–68, 2019.




DOI: https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v6i1.5125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics