PROTOTIPE SISTEM MONITORING KETINGGIAN AIR PADA TANGKI BERBASIS INTERNET OF THINGS

Ade Arya Poetra, Reza Nandika, Toni Kusuma Wijaya

Abstract


Monitoring merupakan suatu proses atau kegiatan pengumpulan data serta menganalisa informasi dari penerapan suatu program termasuk mengecek secara terus menerus dan reguler untuk melihat apakah kegiatan atau program yang dibuat berjalan dengan yang diharapkan dan sesuai dengan rencana sehingga masalah yang dilihat dan ditemui dapat segera langsung diatasi sehingga meminimalisir masalah yang lebih besar terjadi. Monitoring ketinggian air adalah suatu kegiatan untuk mengukur atau pemantauan air dari bawah ke permukaan tangki penampungan. Pemantauan ketinggian air saat ini masih banyak dengan menggunakan cara konvensional atau dengan menggunakan bandul, sehingga membutuhkan banyak tenaga dan waktu yang terbuang jika tidak maka akan terkendala cuaca hujan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dibutuhkan teknologi untuk mempermudah pemantauan dan monitoring yang mampu melakukan pemantauan dengan jarak jauh dan waktu kapan pun. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dimana untuk melakukan beberapa percobaan pada alat atau prototype yang akan digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat prototype simstem monitoring ketinggian air pada tangki berbasis internet of things.


Keywords


Monitoring, Ketinggian, Internet of Things

Full Text:

PDF

References


M. d. P. Aldiaz Rasyid Ardiliansyah, "Rancang Bangun Prototipe Pompa Air Otomatis Dengan Fitur Monitoring Berbasis Internet of Things (IoT) menggunakan sensor flow meter dan sensor ultrasonic," jurnal keilmuan dan aplikasi teknik informatika, pp. 59-67, 2021.

A. K. Rindra, "Sistem Monitoring Level Ketinggian Air pada Tandon Rumah Tangga Berbasis Internet of Things (IoT)," Jurnal informatika dan teknologi, pp. 1-7, 2020.

A. Alawiah, "Sistem Kendali dan Pemantai Ketinggian Air Pada Tangki Berbasis Sensor Ultrasonik," jurnal ilmiah managemen dan informatika dan komputer, pp. 25-30, 2017.

H. A. Dharmawan, Mikrokontroler Konsep Dasar dan Praktis, Malang: UB press, 2017.

E. A. Prastyo, "Arsitektur dan Fitur ESP32 (Module ESP32) IoT," 11 January 2020.[Online].Available:https://www.edukasielektronika.com/2019/07/arsitektur-dan-fitur-esp32-module-esp32.html. [Accessed 20 Mei 2022].

S. Elang, "Cara Kerja Sensor Ultrasonik, Rangkaian, & Aplikasinya," 2015. [Online]. Available: https://www.elangsakti.com/2015/05/sensor-ultrasonik.html. [Accessed 20 Juni 2022].

wikielektronika, "Pengertian dan Fungsi Relay," 22 April 2022. [Online]. Available: https://wikielektronika.com/relay-/. [Accessed 13 Mei 2022].

S.-D. Converter, "www.MonolithicPower.com," MPS Proprietary Information, 8 2011. [Online]. [Accessed 01 July 2022].

s. pradana, "Mengenal Framework Arduino (PlatformIO)," 2016.

E. ISLAMAY, "Cara Menghitung Volume Balok," Gramedia, [Online]. Available: https://www.gramedia.com/literasi/cara-menghitung-volume-balok/. [Accessed 20 July 2022].




DOI: https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v6i1.5148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics