KAJIAN TEORI GENIUS LOCI/SPIRIT OF PLACE MELALUI DIMENSI FILSAFAT ILMU

Indri Astuti Maulana

Abstract


Genius loci dengan kata lain “spirit of place” atau roh/jiwa dari tempat adalah salah satu konsep teori yang digagas oleh Norberg Schulz. Maknanya adalah tempat tidak hanya sekedar sebuah lokasi, karena setiap tempat memiliki spirit/jiwa. Munculnya sebuah gagasan pastilah telah melalui pemikiran yang matang dan ilmiah, sehingga teori tersebut dapat diterima. Dalam filsafat ilmu, ada tiga sudut pandang untuk melihat keilmuan, yaitu ontologi, epistemologi, dan aksiologi.


Keywords


genius loci, spirit of place, filsafat ilmu, ontologi, epistemologi, aksiologi

Full Text:

PDF

References


Wahana, Paulus, “Konsep Ilmu Pengetahuan,” dalam Filsafat Ilmu Pengetahuan, edisi pertama, Yogyakarta, Indonesia, 2016, bab 4, hal.69-88

Bahrum, “Ontologi, Epistimologi dan Aksiologi,”Singkatan terbitan berkala, vol.8, no.2, 2013.

Ersina, Sriany, dkk, “GENIUS LOCI PADA PERKAMPUNGAN TRADISIONAL SENARU SUKU SASAK KABUPATEN LOMBOK BARAT,” Singkatan terbitan berkala vol 1, no.2, 2014.

Dewi, Putu Rahayu Sitha, dkk. Konsep Genius Loci Norberg-Schulz dalam Arsitektur. Scribd. [Online]. Tersedia: https://www.scribd.com/document/337986347/Konsep-Genius-Loci-Pada-Arsitektur#

Iskandar, Hendry, “Kajian Genius Loci dengan Pendekatan Fenomenologi Arsitektur. Studi Kasus: Kawasan Kesawan,”tesis magister, Teknik Arsitektur, Universitas Sumatera Utara, Kota Medan, Indonesia, 2004.




DOI: https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v6i1.5149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics