PENGURANGAN CACAT ASSEMBLY MODEL M370 DENGAN PENDEKATAN RCA (ROOT CAUSE ANALYSIS) DAN FTA (FAULT TRR ANALYSIS) (STUDI KASUS : PT.SHIMANO BATAM)

Vera Methalina Afma, Abdulah Merjani, Fadila Puspita Ayu

Abstract


PT. Shimano Batam Manufacturing (SBM) adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang manufactur yang menghasilkan produk sperpart sepeda, salah satu Departeman PT. Shimano Batam Manufactur (SBM) adalah Departeman Front Derailleur (FD) merupakan sistem mekanis yang menggeser rantai pada sepeda dengan lebih dari satu chainring depan. Produk yang dihasilkan adalah M370, M310, M2000 dan TX 800. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis cacat produk terbesar yang dihasilkan oleh line produksi, faktor utama penyebab dan perbaikan yang dilakukan untuk mengurangi cacat pada line prooduksi.

Penelitian ini menggunakan Metode Root Cause Analysis (RCA) dan Faul Tree Analysis (FTA). Setelah melakukan penelitian diperoleh hasil bahwa jenis reject tertinggi adalah Banding Chain Guid. Sebelum melakukan penelitian ini jumlah reject pada Banding Chain Guid sebesar 1.4% dan setelah dilakukan penelitian jumlah reject turun menjadi 0.58%.

 


Keywords


Pengendalian kualitas, Root Cause Analysis (RCA), Faul Tree Analysis (FTA).

Full Text:

PDF

References


Al Rasyid, H. (2021). Analisis Pengendalian Kualitas Produksi Menggunakan Statistical Quality Control dan Penerapan Zero Detect Manufacturing (Studi pada Bagbone Leather). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

. Anugrah, N. R., Fitria, L., & Desrianty, A. (2015). Usulan Perbaikan Kualitas Produk Menggunakan Metode Fault Tree Analysis (FTA) dan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) di Pabrik Roti Bariton. Reka Integra, Jurnal Online Teknik Industri Itenas, Bandung, 3(4), 146–157.

. Fadhly, F. (2013). Ganti Rugi Sebagai Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Akibat Produk Cacat. Arena Hukum, 6(2), 236–253. https://doi.org/10.21776/ub.arenahukum.2013.00602.6

. Fauzi, Y. A., & Aulawi, H. (2016). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Peci Jenis Overset yang Cacat di Pd. Panduan Illahi dengan Menggunakan Metode Fault Tree Analysis (FTA) dan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Jurnal Kalibrasi, 14(1), 29–34. https://doi.org/10.33364/kalibrasi/v.14-1.331

. Gaspersz, V. (2012). Statistical Process Control: Penerapan Teknik-Teknik Statistikal Dalam Manajemen Bisnis Total. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

. Ilham, N. M. (2012). Analisis Pengendalian Kualitas Produk dengan Menggunakan Statistical Processing Control (SPC) pada PT. Bosowa Media Grafika (Tribun Timur). Skripsi. Universitas Hasanuddin.

. Krisnaningsih, E., Gautama, P., & Syams, M. F. K. (2021). Usulan Perbaikan Kualitas dengan Menggunakan Metode FTA dan FMEA. Jurnal Intent: Jurnal Industri dan Teknologi Terpadu, 4(1), 41–54.

. Kusuma, R. W., & Suwitho, S. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Fasilitas dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 4(12), 1–17.

. Lestari, P. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya terhadap Kepercayaan Konsumen Teh Botol Sosro (Studi Pada Mahasiswa Reguler Strata 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan Bandung). Skripsi. Universitas Pasundan.

. Prayogi, M. F., Sari, D. P., & Arvianto, A. (2016). Analisis Penyebab Cacat Produk Furniture dengan Menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Fault Tree Analysis (FTA) (Studi Kasus Pada Pt. Ebako Nusantara). Industrial Engineering Online Journal, 5(4), 1–8.

. Putro, S. W., Samuel, H., & Brahmana, R. K. M. R. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 1– 9.

. Salman, U. (2015). Pendekatan Lean Thingking dengan Metode RCA untuk Meminimalisir Waste Agar Meningkatkan Kualitas Produk. Skripsi. Universitas Hayam Wuruk.

. Singarimbun, C. P. (2018). Implementasi Objective Matrix (OMAX) dan Root Cause Analysis (RCA) dalam Produktvitas di PG Pesantren Baru. Sarjana Thesis. Universitas Brawijaya.

. Utama, Z. N., Yuniar, Y., & Fitria, L. (2016). Usulan Perbaikan Kualitas Produk Celana Jeans dengan Menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Reka Integra, Jurnal Online Teknik Industri Itenas, Bandung, 4(1), 263–274.

. Zani, F. R., & Supriyanto, H. (2021). Analisis Perbaikan Proses Pengemasan Menggunakan Metode Root Cause Analysis dan Failure and Effect Analysis dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Produk pada CV. XYZ. Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan, 140–146




DOI: https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v6i1.5151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics