ANALISA PERANCANGAN STARTEGI PEMASARAN PADA INDUSTRI KULINER DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN BLUE OCEAN

Ery Sugito, Sanusi Sanusi, Ihsan Muhamad Adly

Abstract


Perusahaan di bidang kuliner menjadi bisnis yang sangat menjanjikan saat ini, akan tetapi banyaknya persaingan menjadi masalah serius untuk segera diselesaikan, hal ini disebabkan turunnya penjualan yang sangat signifikan. Sehingga bagaimana industri kuliner merancang strategi pemasaran yang efisien dan efektif untuk meningkatkan penjualan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan rancangan strategi pemasaran yang efisien dan efektif dengan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi pemasaran, menganalisa kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman untuk melihat di posisi mana perusahaan pada saat ini dan mengusulkan rancangan strategi pemasaran yang akan diterapkan. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu metode SWOT dan Blue Ocean Strategy.Berdasarkan penelitian diperoleh faktor internal dan eksternal melalui analisa kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancamandengan perhitungan matrik EFE dan IFE, didapatkan hasil posisi saat ini berada pada kuadran I, Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy). Fokus pada strategi ini adalah menggunakan kekuatan yang dimiliki perusahaan guna memanfaatkan berbagai peluang.Rancangan strategi yang diusulkan sebagai langkah untuk mengalihkan diri dari pesaing adalah memiliki website sebagai alat pemasaran.


Keywords


Strategi Pemasaran, SWOT, Blue Ocean Strategy (BOS)

Full Text:

PDF

References


Angriani, A. (2018). Pengaruh Varian Menu dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Catering Ukhuwah di Makassar. Vol. 15, Issue 40. Muhammadiyah Makassar.

Ardian, S. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Kuliner Mie X, Surabaya dengan Pendekatan Blue Ocean Strategy (BOS). Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Bekti, S. D. N. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Konveksi UD. ABA Collection Tulungagung dengan Pendekatan Analisis Strengths, Weakness, Opportunities, Threats. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

David, F. R. (2006). Manajemen Strategis : Konsep (Sepuluh). Salemba Empat.

Grant, R. M. (1999). Analisis Strategi Kontemporer (Kedua). Erlangga.

Hidayati, U. (2018). Penerapan Analisis SWOT Sebagai Strategi Pengembangan Usaha Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Hunger, J. D., & Wheelen, T. L. (2003). Manajemen Strategis. Andi.

Joewono, H. H. (2005). “7 In 1” Businis Compitition Strategy (Cetakkan P). Harian Indonesia.

Kim, W. C., & Mauborgne, R. (2005). Value innovation: a leap into the blue ocean. Journal Research of Business Strategy, Vol 26(4).

Kim, W. C., & Mauborgne, R. (2006). Blue Ocean Strategy: Menciptakan Ruang Pasar Tanpa Pesaing dan Biarkan Kompetisi Tak Lagi Relevan (edisi Indo). Harvard Business School Publishing Corporation.

Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran (Bahasa Ind). Prentice Hal.

Kurniawan, D. A., & Abidin, M. Z. (2019). Strategi Pengembangan Wisata Kampoeng Durian Desa Ngrogung Kecamatan Ngebel Ponorogo melalui Analisis Matrik IFAS Dan EFAS. Al Tijarah, Vol. 5(2).

Lutfiah, A. (2019). Marketing Mix CAFE CARLOS dalam Peningkatan Minat Konsumen di Kota Parepare. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Majid, A. (2008). Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. : PT. Rosda Karya.

Marrus. (2002). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. PT. Bumi Aksa.

Meivira, A. (2022). Uji validitas dan reliabilitas kuesioner penggunaan dan penyimpanan antibiotika di kecamatan ampenan validity and reliability test of questionnaire use and storage antibiotics drugs in ampenan. Archives Pharmacia, Vol 4, Pp.10–18.

Pride, W. M., & Ferrel, O. C. (1995). Pemasaran Teori dan Praktek Sehari-hari. Binarupa Aksara.

Raharjo, R. I. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Analisis Srenght Weakness Opportunity Threat (SWOT) pada Usaha Penyewaan Lapangan Futsal Di Scudetto Futsal Banyuwangi. Negeri Yogyakarta.

Ramadhani, P. I. (2020). Mau Sukses Bisnis Kuliner di Era New Normal, Simak Tips Berikut Ini. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4337040/mau-sukses-bisnis-kuliner-di-era-new-normal-simak-tips-berikut-ini

Rangkuti, F. (2013). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama.

Saputri, E. D. (2011). Perancangan Strategi Pengembangan Usaha dengan Metode SWOT Analysis di Perusahaan Abon Diamond Ampel Boyolali. Sebelas Maret Surakarta.

Sekaran, U. (2006). Metodologi Penelitian untuk Bisnis (Edisi 4). Salemba Empat.

Subarkah. (2015). Strategi Pembelajaran Torseba Kuis Famili 30-2 Untuk Meningkatkan Standar Kompetensi Inflasi Siswa. Pp. 226–235.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & amp; D. Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Triyanto, W. A. (2015). Algoritma K-Medoids Untuk Penentuan Strategi Pemasaran Produk. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, Vol. 6(1), Pp. 183. https://doi.org/10.24176/simet.v6i1.254

Utama, C. (2008). Menjalankan rangkaian strategis samudera biru. suatu ide penerapan di Perguruan Tinggi). Universitas Katolik Parahyangan.




DOI: https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v6i2.5160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics