PENGARUH U-TURN TERHADAP KINERJA LALU LINTAS PADA RUAS JALAN GAJAH MADA DEPAN SIMPANG SEKOLAH KEMILAU BANGSA KOTA BATAM

Harry Kurniawan, M. Khairi Anwar

Abstract


Peningkatan volume kendaraan pada ruas jalan gajah mada depan simpang Sekolah Kemilau Bangsa Kota Batam terjadi di pagi hari jam 07.00 – 09.00 dan pada sore dari jam 16.00 – 18.00. Ruas jalan Gajah Mada merupakan jalan utama di tiban ke pusat kota Batam. Kawasan ini merupakan kawasan sekolah, perkantoran, pertokoan, pom bensin dan Restaurant. pengguna jalan baik yang searah maupun berlawanan arah. Kendaraan yang melewati ruas jalan ini khususnya di titik persimpangan sekolah kemilau bangsa dan kawasan SPBU tiban tiga ini mengalami kecepatan relatif rendah. Berdasarkan observasi penulis pada ruas jalan ini terlihat adanya perlambatan bagi kendaraan yang melintas dikarenakan kendaraan yang melakukan putar balik arah tidak dapat melakukan gerakan dengan lancar yang menimbulkan hambatan lalu lintas pada ruas jalan Gajah Mada khususnya di depan persimpangan sekolah kemilau bangsa tiban. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pelayanan ruas jalan dan mengetahui waktu tempuh rata–rata kecepatan kendaraan pada saat melakukan U-Turn, panjang antrian dan pengaruh U-Turn pada kinerja ruas jalan Gajah Mada depan sekolah kemilau bangsa kota Batam. hasil penelitian arus volume kendaraan tertinggi pada hari jumat dengan skr/jam 4781,1 kearah barat dan kearah timur 4498,7 dengan kategori tingkat pelayanan jalan (D). Penelitian pada lokasi studi diperoleh hasil kelas hambatan samping masuk dalam katagori sangat tinggi, kecepatan arus bebas sebesar 50,61 km/jam dan kapasitas sebesar 6072 skr/jam. Hasil pengaruh fasilitas U-Turn menujukan perubahan pada lokasi studi. Pada lokasi U-Turn ke arah Barat diperoleh perubahan derajat kejenuhan dari 0,79 menjadi 0,81 dan keaarah Timur diperoleh 0,74 menjadi 0,71 dan waktu tempuh rata-rata kendaran melakukan gerak U-Turn dari Baran sebesar 45,63 dtk/jam dan ke arah Timur 42,30 dtk/jam dengan antrian kendaraan sepanjang 54 meter.

Keywords


Pengaruh fasilitas U-Turn, Tingkat Pelayanan Jalan, Waktu Tempuh, Panjang Antrian

Full Text:

PDF

References


Departemen Pekerjaan Umum Dirjen Bina Marga, 2014. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum.

Direktorat Jenderal Bina Marga, Pedoman Perencanaan Putaran Balik (U-Turn), Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta

Direktorat Pembinaan Jalan Kota, 1990, Tata Cara Perencanaan Pemisah, Bina Marga, Jakarta

Ekison Tabuni., Ircham., Veronica Diana Anggorowati. 2020. "Analisis U- Turn Terhadap Kinerja Jalan (Studi Kasus Jalan Laksda Adi Sujipto". EQUILIB, 47-57. Freddy Jansen., Sendow. 2017. "Analisa Hambatan Samping dan Manajemen Lalu lintas Ruas Jalan". Jurnal Ilmiah Media Engineering, 803-809.

Harwidyo Eko Prasetyo., Tri Santoso. 2020. “Analisis Kinerja U-Turn ( Studi Kasus U-Turn Di Itc Jalan Letjen Soepono, Jakarta )”. Jurnal Sipil Statik, 1470-1485

Rekayasa Sipil. 2005. Pedoman Perencanaan Putar Balik (U-Turn). Jakarta : Bina Marga.

Rekayasa Sipil. 2014. pedoman kapasitas jalan indonesia. Jakarta: Kementrian Pekerjaan Umum.

Rianto Adiartha., Rosehan Anwar., Yasrudin. 2017. “Analisa Pengaruh Adanya U-Turn Pada Rusa Jalan A.Yani Km. 34 Banjar Baru Terhadap Kelancaran Arus Lalu Lintas”. Jurnal Teknologi Berkelanjutan. 2302 – 8394.

Riki Afriko., Mudiono kasmuri., Nurly Gofar. 2020. “Pengaruh U-Turn Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Kasus: U-Turn Di Jalan Jendral Ahmad Yani Palembang)”. Bina Darma Conference on Engineering Sciene. e-ISSN. 2686 – 5777

Morlok, E.K, 1998. Pengantar Teknik Dan Perencanaan Transportasi (Terjemahan John Knaimin). Jakarta: Erlangga




DOI: https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v6i2.5642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics