PERANCANGAN ROBOT BERODA PEMADAM API DENGAN SENSOR ULTRASONIK HC-SR04 DAN FLAME SENSOR 5 CHANNEL BERBASIS ARDUINO UNO

Reza Nandika, Ali Pudin, Pamor Gunoto

Abstract


Salah satu perkembangan teknologi adalah robot dengan kemampuan istimewa yang belakangan ini banyak menarik minat para ahli untuk dikembangkan adalah robot mobil. Selain itu, robot mobil juga dapat diaplikasikan sebagai alat bantu pemadam kebakaran. Oleh karena itu, untuk mengurangi kerisiko kecelakaan dirancanglah “ Robot Pemadam Api dengan Sensor Ultrasonik HC-SR04 dan Flame Sensor 5 Channel Berbasis Arduino Uno”. Robot ini akan melintasi jalan atau lintasan dengan sensor ultrasonik sebagai pendeteksi halangan dan penggerang menggunakan motor servo. Untuk memadamkan api robot menggunakan flame sensor untuk mendeteksi api dan modul kipas untuk memadamkan api. Robot ini telah mampu melewati lintasan dan memadamkan api sesuai yang diinginkan. Dengan adanya rancangan ini agar nantinya dapat lebih berkembang lagi dan dapat membantu petugas pemadam kebakaran .

Keywords


Robot Pemadam Api, Sensor Ultrasonik, Flame Sensor

Full Text:

PDF

References


Reza Nandika. 2016. “Implementasi Sensor Ultrasonik Pada Robot Pengikut Objek Dengan Kontrol Logika Fuzzi”. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnaldms/article/view/25.

Rianto, Adi. 2009. ”Robot Pemadam Api”. Tugas Akhir. Fakultas Teknik Universitas Riau. Pekanbaru.

Agus Faudin. 2017. ‘Tutorial Arduino Mengakses Sensor Flame” diakses dari https://www.nyebarilmu.com/tutorial-arduino-mengakses-sensor-flame/.

Suryono, A. 2010. ”Pembuatan Robot Beroda Pemadam Api Menggunakan Navigasi Ping Ultrasonic Range Finder dan Magnetic Compas”. Politeknik negeri Jember : Jember

Wicaksono, Mochamad Fajar. 2017. Mikrokontroller Arduino. Bandung : Informatika B andung

Ahmad Naziq. 2015. “Pengertian Mikrokontroller” diakses dari https://sites.google.com/site/informasiterbarusekali/pengertian-mikrokontroller.

Starobo. 2013. “Skema Arduino Sensor Shield” diakses dari http://starobo.blogspot.com/2013/08/skema-arduino-sensor-shield-v50.html.

Elangsakti. 2015. “Sensor Ultrasonik”. diakses dari https://www.elangsakti.com/2015/05/sensor-ultrasonik.html.

Papermind Invention. 2018. “Sensor Garis TCRT5000” diakses dari https://papermindvention.blogspot.com/2018/05/sensor-garis-tcrt5000.html.

Dickson Kho. 2020. “Pengertian Motor DC dan Prinsip Kerjanya”diakses dari https://teknikelektronika.com/pengertian-motor-dc-prinsip-kerja-dc-motor/..

R-dy. 2013. “Pengertian dan Prinsip Kerja Buzzer” diakses dari http://r-dy-techno.blogspot.com/2013/06/pengertian-dan-prinsip-kerja-buzzer.html.




DOI: https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v6i2.5643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics