PERBAIKAN KUALITAS PROSES INSPEKSI VISUAL SPARE PART DENGAN PENERAPAN TQM PADA PT.XYZ

Larisang Larisang, Dwi Nandar, sanusi sanusi, Moh. Hafidz Efendy, Pattasang Pattasang

Abstract


PT. XYZ, adalah perusahaan subcon jasa yang bergerak dalam bidang inspeksi visual komponen spare part, dengan target kualitas produk 100% diinspeksi berdasarkan spesifikasi standar kualitas dan jenis reject yang telah ditetapkan oleh perusahaan utama dengan menggunakan sampel klasifikasi cacat produk sebagai acuan. Tahun 2022 tercatat sebanyak 7 komplain customer kepada perusahaan karena cacat produk. Akibatnya PT.XYZ harus membayar biaya sorting diperkirakan sebesar 6,036.58 USD atau Rp. 88,867,512.47. Kondisi ini akan merugikan perusahaan jika terus berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kelolosan produk dan menentukan strategi perbaikan untuk meminimalisir terjadinya kelolosan cacat produk di customer menggunakan metode 5W+1H pada siklus PDCA. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat tiga faktor utama yang menyebabkan kelolosan cacat produk di customer yaitu manusia, metode, dan lingkungan. Usulan perbaikan diantaranya adalah menambah jumlah operator, membuat SOP dan mendokumentasi hasil perbaikan, serta mengubah system lay out penempatan material.

Keywords


Kualitas, strategy, PDCA, visual, cacat

Full Text:

PDF

References


Ismail, L. (2021). Analisis Perbaikan Kualitas Produk Dengan Metode Six Sigma Pada CV. Duta Plywood. Retrieved March 01, 2023, from http://eprintslib.ummgl.ac.id/3749/1/16.0501.0030_COVER_BAB%20I_BAB%20II_BAB%20III_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA%20%20-%20Luqman%20Ismail.pdf.

Jagusiak-Kocik, M. (2017). PDCA cycle as a part of continuous improvement in the production company - A case study. Production Engineering Archives, 14(14), 19–22. https://doi.org/10.30657/pea.2017.14.05

Krisnaningsih, E., Gautama, P., & Syams, M. F. K. (2021). Usulan Perbaikan Kualitas Dengan Menggunakan Metode Fta Dan Fmea. Jurnal InTent, 4(1), 41–54.

Malega, P., Daneshjo, N., Rudy, V., & Drábik, P. (2021). PDCA Cycle - Tool for Improvement of the Business Processes – Case Study. TEM Journal, 10(3), 1336–1347. https://doi.org/10.18421/TEM103-42

Martin, J., Elg, M., & Gremyr, I. (2020). The Many Meanings of Quality: Towards a Definition in Support of Sustainable Operations. Total Quality Management and Business Excellence, 0(0), 1–14. https://doi.org/10.1080/14783363.2020.1844564

Mahmud. (2019). Analisis Pengendalian Kualitas dengan Menggunakan Metode PDCA (Plan-Do-Check-Action) Pada Produk Front Fender di PT. XYZ. Retrieved April 17, 2023, From Universitas Mercu Buana, Fakultas Teknik Web site: repository.unugha.ac.id

Pahlepi, R.D. (2023, January 27). Memahami Inspeksi Adalah: Manfaat, Jenis, Metode, dan Cara Kerja. Detikbali. Retrieved March 23, 2023, from https://www.detik.com/bali/berita/d-6537444/memahami-inspeksi-adalah-manfaat-jenis-metode-dan-cara-kerja.

Ramdani, R. (2018). Usulan Perbaikan Kualitas Produk Kain Pada Proses Weaving Menggunakan Metode TQM (Studi Kasus :PT. Surya Usaha Mandiri). Retrieved April 17, 2023, From Universitas Pasundan, Fakultas Teknik Web site: http://repository.unpas.ac.id/41451/1/Rizal%20Ramdani_143010138_Teknik%20Industri.pdf

Rasyidah, A.N., Bariroh, A., Rahmawati, D.E. (2022). Analisis Total Quality Management (TQM) Dalam Meningkatkan Mutu Manufaktur dan Jasa Pada PT. Dahana (Persero) Subang. Sibatik Journal. 1(12), 2917-2926.

Ridwani, S. (2018) Penerapan Metode Six Sigma (DMAIC) Untuk Menuju Zero Defect Pada Produk Air Minum Ayia Cup 240 Ml. Retrieved March 01, 2023, from https://ecampus.sttind.ac.id/sttind/AmbilLampiran?ref=1214&jurusan=Item&usingId=false&download=false&clazz=ais.database.model.file.LampiranLain

Tejanagara, F.C.H., Kosasih, F.G., Safariningsih, R.T.H. (2022). Penerapan Total Quality Management (TQM) dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal. 4(3), 804-815.

Yunitasari, E. W., & Wijaya, F. S. (2021). Penerapan TQM Untuk Pengendalian Kualitas Pada Proses Penenunan Di Tenun Bantarjo. Jurnal Dharma Bakti-LPPM IST AKPRIND, 4(2), 235–241.




DOI: https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v6i2.5644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics