PERANCANGAN PUSAT UMKM KREATIF DENGAN PENEKANAN INTEGRASI WISATA DAN EDUKASI DI KOTA BATAM

Satriyo Prasetyo Utomo, Rahmad Kurniawan, Indri Astuti Maulana

Abstract


Pandemi covid-19 membawa dampak yang luar biasa bagi perekonomian. Beberapa negara di dunia bahkan mengalami kontraksi pertumbuhan ekonomi. Di Indonesia sendiri pandemi ini membuat berbagai sektor terbengkalai dan membuat masyarakat kehilangan mata pencahariannya. Daerah yang paling merasakan dampak ini yaitu daerah yang menjadi destinasi wisata atau daerah yang sering menjadi persinggahan turis mancanegara, salah satunya Batam. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan pusat UMKM kreatif di Batam dengan penekanan integrasi wisata dan edukasi yang dapat menjadi sarana pengembangan dan pemberdayaan ekonomi lokal. Pusat UMKM kreatif di Batam dirancang dengan menganalisa data dari berbagai kondisi yang ada. Data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu data lokasi, iklim, pancaindra, sirkulasi kawasan dan site, potensi site, dan juga permasalahan site. Hasil dari analisa data tersebut dipadukan dengan peratutan-peraturan dan juga kaidah-kaidah arsitektur yang berlaku. Pusat UMKM kreatif dirancang dengan mengusung konsep third place agar dapat dikunjungi oleh siapapun tanpa membeda- bedakan kelompok tertentu. Hasil rancangan pusat UMKM berlokasi di Jalan Engku Putri Utara dan berada di antara Mal Pelayanan Publik, Pelabuhan Ferry Batam Centre, dan Mega Mal Batam Centre, sehingga membuat kawasan ini ramai dikunjungi masyarakat maupun wisatawan. Gedung pusat UMKM kreatif terdiri dari beberapa segmen gedung dalam satu atap dan di bagian tengahnya terdapat area terbuka hijau. Segmen-segmen tersebut terdiri dari berbagai macam ruangan sesuai dengan fungsinya. Di sisi utara gedung dibuat area terbuka hijau yang langsung menghadap Laut Ocarina agar konsep third place lebih terasa.

Keywords


UMKM, integrasi, wisata, edukasi, third place

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Pradana, M. I. W. dan Mahendra, G. K., “Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Sektor Pariwisata Di Objek Wisata Goa Pindul Kabupaten Gunungkidul”, Journal of Social Politics and Governance (JSPG), Vol. 3, No. 2, hal. 73-85, Des. 2021.

Priyanto, Rahmat, dkk, “Perancangan Model Wisata Edukasi di objek Wisata Kampung Tulip”, Jurnal Abdimas BSI, hal. 32 – 38, Feb. 2018.

Jaya, M.A., “Transformasi Tempat Ketiga (third place) dari Ruang Dalam (indoor) Menuju Ruang Luar (outdor): Studi Kasus Kota Palembang”, Jurnal Arsir, Vol. 2, No. 1, hal. 57-64, Jun. 2018.

Ruliana, Rahmat dan Maria V. G., “Ruang Ketiga Sebagai Media Interaksi di Wijaya Kusuma”, Jurnal Stupa, Vol. 2, No. 2, hal. 1549-1560, Okt. 2020.

Abror, Khozin, “Persepsi Pemustaka Tentang Kinerja Pustakawan Pada Layanan Sirkulasi di Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen”, undergraduate thesis, Ilmu Perpustakaan, Univ. Diponegoro, Semarang, Indonesia, 2013.




DOI: https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v4i2.5710

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics