MUSEUM BAHARI DENGAN KONSEP MODERN FUTURISTIK DI KOTA BATAM

Syahrul Khoir, Septy Karmawan, Laras Mitra

Abstract


Kota Batam memiliki potensi wisata bahari yang menarik untuk dikembangkan. Museum Bahari dengan konsep modern futuristik di Kota Batam perlu dibangun untuk memberikan nilai edukasi yang menjadi pusat informasi bagi pengunjung, terutama bagi generasi milenial yang sudah begitu tergantung dengan teknologi. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dan analisis data untuk merancang Museum Bahari dengan konsep modern futuristik di Kota Batam. Konsep modern futuristic yang diterapkan adalah dari segi façade dengan gaya dinamis, serta analogi bentuk terhadap unsur bahari, dan teknologi augment reality sebagai sarana penyajian objeck museum. Studi literatur dari berbagai sumber, seperti internet, buku, referensi rancangan sejenis, serta studi observasi dengan mengunjungi bangunan sejenis yang sudah ada, dilakukan untuk tahapan pengumpulan data secara real dilapangan. Tahapan analisis data meliputi menganalisis aktivitas pengunjung museum, alur kegiatan yang terjadi di dalam museum, kebutuhan ruang yang dibutuhkan, besaran ruang dengan berdasarkan aturan yang ditetapkan, dan menentukan pemilihan site yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan RTRW kota Batam tahun 2021. Diharapkan hasil rancangan Museum Bahari ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat lokal maupun turis dan wisatawan asing.Kata kunci : Pekerja, Rumah susun, Arsitektur Perilaku, Batam.

Keywords


Museum Bahari, Kota Batam, Konsep Modern Futuristik

Full Text:

PDF

References


Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam. (2014). Wisata Bahari/Laut. Portal Pemerintah Kota Batam. Diakses pada 1 Juli 2022 dari https://arsipskpd.batam.go.id/batamkota/skpd. batamkota.go.id/pariwisata/objek-wisata- batam/wisata-baharilaut/index.html.

Badan Pengusaha Batam. (n.d.). Destinasi Wisata. Badan Pengusaha Batam. Diakses pada 5 Juli 2022 dari https://bpbatam.go.id/tentang- batam/destinasi-wisata/.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2019). Pengertian Museum. Museum Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Diakses pada 1 Maret 2022 dari https://museum.kemdikbud.go.id/pengertian- museum.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. (n.d.). Kebaharian. Diakses pada 3 Maret 2022, dari https://kbbi.web.id/

Kompas. (2022, 2 Juni). Pengertian Futuristik. Diakses pada 1 Juli 2022, dari https://www.kompas.com/skola/read/2022/06/0 2/073000469/pengertian-futuristik.

Poluakan, G. M., Punuh, C. S., & Karongkong, H.

H. (2019). Waterscape Architecture. Museum Bahari Kota Manado “Waterscape Architecture”, 8(1), 177-185. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/dase ng/article/view/23701

Ashari, I., Cheris, R., & Imbardi. (2017). Museum Bahari di Pekanbaru. Jurnal Arsitektur: Arsitektur Melayu dan Lingkungan, 4(1), 36-48. https://journal.unilak.ac.id/index.php/arsitektu r/article/view/6460/2847

Setiaji, W., Suastika, M., & Sunoko, K. (2019). Penerapan Prinsip Arsitektur Futuristik pada Tampilan Bangunan Pesantren Modern Berbasis Technopreneur di Kudus. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Arsitektur,2(2). https://jurnal.ft.uns.ac.id/index.php/senthong/a rticle/view/952

Asosiasi Museum Indonesia. (n.d.). Museum Bahari. Asosiasi Museum Indonesia. Diakses pada

Juni 2022 dari https://asosiasimuseumindonesia.org/anggota/9 4-museum-bahari.html




DOI: https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v5i2.5711

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics