PENGARUH KUALITAS PAINTING PADA PIPA KARBON DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA

Ery Sugito, Herman Herman, Andi Hepy Susanti, Ronald Hervin

Abstract


Persaingan pada industri manufaktur saat ini, membuat banyak perusahaan berupaya berkomitmen untuk menjaga kualitas produk yang dihasilkannya, khususnya pada industri fabrikasi dalam proses pengecatan terutama jenis pipa baja karbon. Didalam penelitian ini, penulis mencoba mengidentifikasi pengaruh kualitas painting dengan melihat pada tingginya jumlah cacat produk painting, dalam observasi lapangan tingkat kecacatan pada proses painting mencapai >33% di 2019 hingga tahun 2023, dengan type cacat "orange fill" yang paling dominan. Tingkat cacat painting berpengaruh negatif terhadap efisiensi produksi dan kepuasan pelanggan. Maka dari itu dengan pendekatan menggunakan Metode Six Sigma sebagai strategi untuk meningkatkan kualitas produk painting yang akan dihasilkan untuk membantu perusahaan dalam memberikan alternatif perencanaan perbaikan pada prosess. Dari hasil analisis menunjukkan nilai sigma yang peroleh dari pengujian sebesar 3.8 dan DPMO sebesar 233,000, hal ini membuktikan bahwa kinerja proses painting masih perlu ditingkatkan. Dampak dari cacat kualitas menyebabkan biaya produksi dan reputasi perusahaan kurang baik dihadapan, sehingga perlu dengan segera dilakukan langkah perbaikan. Dari penelitian ini diharapkan dapat menurunkan tingkat cacat, meningkatkan efisiensi operasional, serta memperbaiki kepuasan pelanggan

Keywords


Kualitas Painting, Pipa Karbo, Six Sigma

Full Text:

PDF

References


Faradiba Ahmad, Muhammad Arif Tiro, Muhammad Kasim Aidid. (2021). Pengendalian kualitas kinerja level six sigma. Journal of Statistics and Its Application on Teaching and Research. Vol. 3 No. 3 (2021), 125-141

Nasution, M.N. (2001). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Manajemen). Jakarta : Ghalia Indonesia

Prayogo, F., Rahayu, S., & Yamaly, F. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Loyalitas Pasien melalui Variabel Intervening Kepuasan Pasien di RSUD Siti Fatimah Az Zahra Provinsi Sumsel. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 4(4), 195 - 206. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v4i4.1619

Gaspersz, V. (2020). Six Sigma: The complete guide to continuous improvement. Jakarta: Andi Offset.

Heizer, J dan Render, B. 2006. Operation Management edisi ketujuh. Salemba Empat: Jakarta.

Garvin, D. A. (1984). Product quality: An important strategic weapon. Business Horizons, 27(3), pp. 40-43

Voehl, F., Harrington, H. J., Mignosa, C., & Charron, R. (2013). The lean six sigma black belt handbook: tools and methods for process acceleration. Productivity Press

Kifta, D. A., & Munzir, T. (2018). Analisis defect rate pengelasan dan penanggulangannya dengan metode Six Sigma dan FMEA di PT Profab Indonesia. Jurnal Teknik dan Manajemen, 8(4), 295-308.

Achmad, S. (2020). Pengendalian kualitas berdasarkan Six Sigma. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmad, S., & Rahmawati, N. (2020). Pengaruh media sosial terhadap perilaku konsumen. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(1), 45-60.

Kusbiantoro, C., & Nursanti, E. (2019). Penerapan lean manufacturing untuk mengidentifikasi dan menurunkan waste: Studi kasus CV Tanara Textile. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 10(2), 101-115.




DOI: https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v8i1.7668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics