PENGEMBANGAAN MEDIA PEMBELAJARAN KARNOBI (KARTU UNO BIOLOGI) MATERI SISTEM RESPIRASI PADA MANUSIA KELAS XI MIPA SEKOLAH MENEGAH ATAS (SMA)

Fenny Agustina, Rahmi Rahmi, Siti Hayyu Nur Wasi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran KARNOBI. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Hannafin dan Peck yang terdiri dari tiga tahap diantaranya, analisis kebutuhan, desain serta pengembangan dan implementasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa angket validasi ahli materi, ahli media, dan respon peserta didik menggunakan skala likert. Ujicoba media pembelajaran dilakukan di SMAN 17 Batam pada kelas XI MIPA 1. Hasil validasi dari ahli media diperoleh nilai validitas skor rata-rata 87.16 % dalam kategori “baik”, ahli materi diperoleh skor rata-rata  91.57 % dengan kategori “Sangat Baik”. Respon siswa terhadap media diperoleh hasil rata-rata persentase sebesar 82.30 % yang dikategorikan “sangat Baik”. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran ini efektif dalam memberikan pengaruh peningkatan terhadap hasil belajar siswa

Keywords


Media KARNOBI, Sistem Respirasi Manusia, Model Hannafin & Peck

References


Ariyaningsih, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ludo Materi Sistem Koordinasi Manusia Kelas XI di Sekolah Menegah Atas. Universitas Riau Kepulauan.

Candi, N. P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Interaktif Bentuk Circle Foldables pada Materi Sistem Reproduksi pada Manusia Kelas XI MIPA Sekolah Menegah Atas (SMA). Universitas Riau Kepulauan Batam.

Irwansyah. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran dalam Tataran Strategi Pembelajaran TPS(Think-Pair-Share) Terhadap Retensi Belajar Siswa SMA Mitra Inalum. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 1–8.

Rahmatin, R., & Khabibah, S. (2016). Pengembangan Media Permainan Kartu Umath (Uno Mathematics) Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Pokok Operasi Bilangan Bulat. MATHEdunesa, 5(1).

Sari, R. R., & Lutfi, A. (2015). Kelayakan Permainan Uno Card Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Pokok Struktur Atom. UNESA Journal of Chemical Education, 4(2), 186–194.

Tegeh, M. I., Jampel, N. I., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. GRAHA ILMU.

Widianto, T. R., Raharjo, & Rosdiana, L. (2016). Pengembangan Permainan Kartu Uipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Interaksi Antar Makhluk Hidup. Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, 5(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.