PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU ToD (TRUTH or DARE) PADA SISTEM EKSKRESI KELAS X FARMASI TINGKAT SMK/SEDERAJAT

Nurhaty Purnama Sari, Juwita Salwa Salwa, Lani Puspita Puspita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan,respons siswa terhadap media pebelajarankartu ToD (Truth or Dare) yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran dengan sasaran penelitian berupa media pembelajaran kartu ToD (Truth or Dare) pada sistem ekskresi kelas X farmasi SMK/Sederajat. Sumber data dalam penelitian ini adalah ahli materi dan ahli media sebagai penelaah, sebagai penilai kelayakan media pemebelajaran yang dikembangkan, serta siswa kelas X Farmasi di SMKPutra Jaya SchoolBatam. Rancangan penelitian ini terdiri dari dua tahapan yaitu tahap pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4-D (four D models) dan tahap uji coba. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket materi, angket media, danangket respons siswa. Analisis data dilakukan deskriptif kuantiatif dari persentase hasil validasidan respons siswa untuk mendeskripsikan kelayakan media pemebelajaran kartu ToD (Truth or Dare) yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran kartu ToD (Truth or Dare) pada sisitem ekskresi kelas X Farmasi tingkat SMK/Sederajat yang dikembangkan telah layak digunakan dalam proses validasi oleh ahli materi telah memenuhi kelayakan berdasarkan konten atau isi,bahasa, dan penyajian masing-masing dengan persentase berturut-turut sebesar 72,50%; 80,00%; dan 76,67%; yang semua kriteria tersebut termasuk dalam kategori baik. Pada proses validasi oleh ahli media telah memenuhi kelayakan berdasarkan tampilan dan bahasa masing-masing dengan persentase berturut-turut sebesar 80,00%; dan 76,67%; yang semua kriteria tersebut termasuk dalam kategori baik. Analisis data 30 siswa kelas X Farmasiterhadap respons siswa pada media pembelajaran kartu ToD (Truth or Dare) diperoleh persentase sebesar 90,00% pada indikator ketertarikansedangkan pada indikator reaksi diperoleh persentase 89,20% dan untuk indikator bahasa diperoleh persentase sebesar 90,22%. Hasil di atas menunjukkan bahwamedia pebelajaran kartu ToD (Truth or Dare) pada sistem ekskresi kelas X farmasi SMK/Sederajat layak untuk digunakan.

Keywords


Kartu, Truth or Dare, Sistem Ekskresi, Research and development

References


Arifin, Z. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Jurnal Pendidikan, 9(1), 41–55.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Astuti, Sri Andri. (2019). Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 4, No 1, Juni 2019. 4(1), 91–113.

Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.

Ernawati, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server Di Smk Negeri 2 Depok Sleman Tugas Akhir Skripsi. 8(2), 155–176.

Fahmi, Z. (2013). Indikator Pembelajaran Aktif Dalam Konteks Pengimplementasian Pendekatan Pembelajaran Aktif , Kreatif , Efektif, Dan Menyenangkan ( Pakem ). Jurnal Al-Ta’lim, 1(19), 278–284.

Farhan, faizi muhammad. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Dan Media Audio Visual Pada Materi Sistem Ekskresi Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 321(1), 43.

Gianjar, B. (2016). Research and Development. Jurnal Pendidikan, 6(1), 1–23.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Hendrik, M., & Arafatun, S. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Nganggung Di Kelas Rendah. Jurnal Pendidikan, 6(September), 162–171.

Hermiyanty, W. A. B. D. S. (2017). Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan , (Jakarta: Bumi Aksara, 2008), Hlm. 185. 46 1. Jurnal Pendidikan, 8(9), 46–59.

Kurniawati, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Tema Letusan Gunung Berapi Kelas Vii Di Smp Negeri 1 Kamal Amaliya Kurniawati. Jurnal Pendidikan, 01, 42–46.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.