PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP WORD OF MOUTH KONSUMEN

Yuwono Tri Hananto, Edwin Agung Wibowo

Abstract


Penelitian ini mengkaji implikasi dari experiential marketing terhadap word of mouth konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh experiential marketing terhadap word of mouth konsumen, dan pengaruh dimensi experiential marketing (sense, feel, think, act, and relate) terhadap word of mouth. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan survei yang terdiri dari variabel sense (X1), feel (X2), think (X3), act (X4), dan relate (X5) yang merupakan bagian dari variabel experiential marketing (X) dan word of mouth (Y). Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 100 responden sebagai sampel yang diambil dari pelanggan Garuda yang telah menikmati program Garuda Indonesia Experiences. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diolah menggunakan program aplikasi statical Product and Service Solutions. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan experiential marketing (sense, feel, think, act, and relate) secara bersama-sama memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap word of mouth konsumen sebesar 65% sedangkan sisanya 35% dipengaruhi oleh faktor lain. Analisis regresi secara parsial menunjukkan bahwa variabel sense, act, dan relate berpengaruh positif dan signifikan terhadap word of mouth, sedangkan variabel feel and think berpengaruh tidak signifikan terhadap word of mouth.


Keywords


Experiential Marketing, Sense, Feel, Think, Act, Relate, Word of Mouth

Full Text:

PDF

References


Babin, Barry J et al. 2005. Modelling Consumer Satisfaction and Word-of-Mouth: Restaurant Patronage in Korea. The Journal of Services Marketing. 19 (Issue 3 2005): 133-139.

Basamalah FM. 2010. Pengaruh Komunitas Merek terhadap Word of Mouth. Bisnis & Birokrasi. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi. Jan–Apr 201: 79-89.

Budiman S. 2012. Geliat Industri Penerbangan Indonesia. http://en.bisnis.com/video_posts/4f06b182d2a57d27da000077. [25 Desember 2012].

Hasan A. 2010. Marketing dari Mulut ke Mulut (Word of Mouth Marketing). Jakarta: PT. Buku Seru.

Kotler P, Kartajaya H. 2010, Marketing 3.0. Jakarta: Erlangga.

Kotler P, Keller KL. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi ketiga belas Jilid 1. Edisi Bahasa Inggris. Pearson Education, Inc. Upper Saddler River, New Jersey, Edisi Bahasa Indonesia: Erlangga.

___________________________, Manajemen Pemasaran, Edisi ketiga belas Jilid 2. Edisi Bahasa Inggris. Pearson Education, Inc. Upper Saddler River, New Jersey, Edisi Bahasa Indonesia: Erlangga.

Lin, TL. 2012. The Sparks When Integrated Marketing Communications Meets Word-of-Mouth Marketing and ExperienceMarketing. New York Science Journal, 2012. 70-85.

Marketeers. 2012. Experiential Marketing ala Garuda Indonesia. http://the-marketeers.com/archives/experiential-marketing-ala-garuda-indonesia.html. [24 Desember 2012].

Nehemia HS. 2011. Analisis Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi kasus : Waroeng Spesial Sambal cab. Sompok Semarang) [skripsi]. Semarang. Universitas Diponegoro, Fakultas Ekonomi.

Novena M. 2011. Indonesia Menjadi Pasar Potensial Industri Penerbangan. http://industri.kontan.co.id/news/indonesia-menjadi-pasar-potensial-industri-penerbangan-1. [25 Desember 2012].

Purwaningrum M. 2008. Pengaruh Experiential Marketing Yamaha Mio Terhadap Word Of Mouth Konsumen [skripsi]. Depok. Universitas Indonesia, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Departemen Ilmu Administrasi Program Sarjana Reguler Program Studi Administrasi Niaga.

Rahardja C, Anandya D. 2010. Experiential Marketing, Customer Satisfaction, Behavioral Intention Timezone Game Center Surabaya. http://mpra.ub.uni- muenchen.de/25638/MPRA . Paper No. 25638: 1-6.

Rini ES. 2007. Pengaruh Economic Content, Resource Content Dan Social Content Terhadap Kepercayaan, Kepuasan, dan Komitmen Serta Relationship Intention Debitur Bank Sumut di Sumatera Utara [disertasi]. Surabaya. Universitas Airlangga Surabaya, Program Pascasarjana.

_________,. 2009. Menciptakan Pengalaman Konsumen dengan Experiential Marketing. Jurnal Manajemen Bisnis, Volume 2, Nomor 1 Januari 2009: 15-20

Schmitt BH. 1999. Experiential Marketing. htpp://pioneer.netserv. chula.th/~ ckieatvi/Fathom_Exp_Marketing.html. [31 Januari 2013]

Shabbir S et al. 2010. Service Quality, Word of Mouth and Trust: Drivers to Achieve Patient Satisfaction. Scientific Research and Essays Vol. 5(17): 2457 - 2462

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyono A. 2011. Tahun Ini Penerbangan Naik 5 Kali Lipat. http://www.bisnis.com/tahun-ini-frekuensi-penerbangan-naik-5-kali-lipat. [25 Desember 2012].

Sunyoto D. 2011. Metodologi PenelitianUntuk Ekonomi (Alat Statistk &

Analisis Output Komputer. Jakarta: PT. Buku Seru.

Taghizadeh H et al. 2013. The Effect of Customer Satisfaction on Word of Mouth Communication. Research Journal of Applied Sciences, Engineering and Technology 5(8): 2569-2575

Trarintya MAP. 2011. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Word Of Mouth (Studi Kasus Pasien Rawat Jalan Di Wing Amerta Rsup Sanglah Denpasar) [tesis]. Denpasar. Universitas Udayana, Program Pascasarjana.

Woyanti N. 2005. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Kontrasepsi di Kota Semarang. Jurnal Dinamika Pembangunan Vol.2 No,1/Juli 2005: 40-56




DOI: https://doi.org/10.33373/jmob.v1i1.3176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan