PENGARUH MOTIVASI TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTASI UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTASI (PPak)

Ria Eski Hotmaina Simbolon, Zulkifli Zulkifli

Abstract


Penelitian ini a dalah untuk menguji  persepsi mahasiswa akuntansi mengenai faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti PPak. Faktor-faktor yang digunakan sebagai variable dalam penelitian ini adalah penghargaan motivasi kualitas, motivasi karir dan motivasi ekonomi. Data penelitian diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner jumlah mahasiswa akuntansi yang menjadi objek penelitian sebanyak 100 orang mahasiswa aktif akuntansi di Univrsitas Riau Kepulauan Batam, Selanjutnya data diolah menggunakan SPSS VERSI 22 dengan analisis data ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan nilai F test lebih besar dari Ftabel. Dengan signifikan lebih krcil dari 0,05, yang dalam hal ini pengaruh motivasi kualitas, motivasi karir, dan motivasi ekonomi terdapat perbedaan motivasi mahasiswa akuntansi mengenai pemilihan mengikuti PPak.

Keywords


Motivasi, Minat Mahasiswa, Profesi

Full Text:

PDF

References


Andcrscn William. (2012). Analisis Persepsi Mahasiswa Akuntansi Dalam Memilih Profesi Sebagai Akuntan. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Fahnani. D. (2012). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi ( Ppak). Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 1(12), 1-22.

Galuh condrorini. (2015). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Ppak). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

lkbal Muhammad. (2011). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Ppak. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Kusumo Danu. (2015). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Ppak). Jurnal Akuntansi, 12(2). 1-16.

Maksy. M. M. (2009). Motivation and distraction factors associated with student performance in advanced level undergraduated accounting course: an empirical study. For Presentation at FARS Mid-Year Conference. New Orleans, LA, January, 30-31,2009.

Kusumastuti, Rita dan Waluyo, lndarto.2013. “Pengaruh motivasi dan pengetahuan UU NO. 5 Tahun 2011 tentang akuntan publik terhadap minat mahasiswa mengikuti pendidikan profesi akuntansi (PPAk).Jumal Nominal.volume II. tahun 2013

Lulfia Arum. Mochamad Novelsyah2 lcuk Rangga Bawonol (2009) Pe^epsi Mahasiswa SI Akuntansi Reguler Dan Ekstensi Tentang Pendidikan Profesi Akuntansi (Ppak).

Tengker.Victor S.G dan Jenny Morasa.2007.“Pengaruh Motivasi Karir Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk mengikuti pendidikan profesi akuntansi (PPAk)” Fakultasekonomi unsrat manado

Waluvo, kusumastuti 2013 Pengaruh Motivasi terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA). Tesis Universitas stikubank.

Mahmud, M. D. (2020). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiah Maluku Utara). FINANCIAL: Jurnal Akuntansi Volume 6-Nomor 1, Juni, 24-35.

Nuraini, F. (2017). Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, dan Kecerdasan Spiritual Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi Dasar Dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderating. Journal Of Accounting Science Vol. 1 No. 2, 93-118.

Pasek, N. S. (2016). Pengaruh Kecerdasan Intelektual Pada Pemahaman Akuntansi dengan Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual Sebahai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi • Vol. 1, No. 1, 62-76.

Pratiwi, S. Y., Masyhad, & Rahman, A. (2021). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Emosional, Spiritual terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Keuangan Mahasiswa Universitas Bhayangkara Surabaya. UBHARA Accounting Journal Volume 1 Nomor 2 November, 246-254.

Sihombing, M. J., & Sitanggang, W. S. (2020). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Tingkat Pemahaman Pelajaran Akuntansi Pada Mahasiswa Universitas Imelda Medan. Journal of Information Technology and Accounting Vol. IV, No. 1, Januari 2020, 16-23.

Suhaedah. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Skripsi: Digilib Universitas Muhamadiah Makasar.

Syaifudin, M., Diana, N., & Hariri. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Kecerdasan Intelektual terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Malang). Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi UNISMA Vol. 10 No. 09.

Syarifah. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. Jurnal Ilmiah Sustainable, 154-175.

Utami, S., & Sangsoko, N. (2021). The Effect of Learning Behavior, Intellectual Intelligence, Emotional Intelligence, Spiritual Intelligence,and Social Intelligence on Accounting Understanding (Case Study of Accounting Study Program Students at Muhammadiyah University of Surakarta). Duconomics Sci-meet Vol. 1 July, 117-129.

Widayati, N., & Ristiyana, R. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Sosial dan Perilaku Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi . Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, Edisi XIX, Vol. 2, 194-209.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmob.v1i4.3755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan