PENGARUH TANGIBLE, RELIABILITY, RESPONSIVENESS, ASSURANCE, DAN EMPATHY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PELABUHAN

Kun Sri Harto, Lukmanul Hakim, Tibrani Tibrani

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa di Pelabuhan Telaga Punggur Badan Usaha Pelabuhan Batam baik secara parsial atau secara individual maupun analisis secara simultan atau secara bersama-sama. Tahapan setelah dilakukan kegiatan tinjauan pustaka dilakukan kegiatan tinjauan lapangan dan kegiatan penyusunan hipotesis, kemudian  data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan  dilakukan penyebaran kuesioner kepada 100 (seratus) pelanggan penumpang kapal yang berangkat dari Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 448.604 (empat ratus empat puluh delapan ribu enam ratus empat) merupakan seluruh pelanggan Penumpang kapal yang berangkat selama kurun waktu tahun 2021 dan kemudian dilakukan pengolahan data. Instrumen yang digunakan dalam penelitian untuk mengumpulkan data adalah dengan angket/kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang diambil adalah purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis kuantitatif yaitu pengujian dengan uji validitas dan pengujian dengan uji reliabilitas, dengan analisis statistik deskriptif, pengujian dengan uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, pengujian dengan uji t dan pengujian dengan uji F. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel pada penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Pada pengujian dengan uji asumsi klasik data berdistribusi normal, tidak terjadi heteroskedastisitas dan multikolinearitas. Pada pengujian dengan uji hipotesis tangible dan responsiveness memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan masing-masing variabel reliability, assurance, dan empathy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil pengujian dengan uji simultan dengan uji F, maka tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy secara bersama-sama atau secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di pelabuhan Telaga Punggur Badan Usaha Pelabuhan Batam. Hal ini berdasar hasil pengujian dengan uji F yang didapat nilai F hitung > F tabel (37,833 > 2,31) atau signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05.


Keywords


Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Abi, Yudi Irawan. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Perusahaan Master Piece Karaoke Di Kota Bengkulu.” EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis 9 (1): 50–58.

Kaengke, Brigitha Lincincia, Tinnake M. Tumbel, and Olivia Walangitan. 2020. “Pengaruh Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan Dan Empati Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Tateli.” Business and Accounting Education Journal 1 (2): 170–80.

Lubis, Alfi Syahri, and Nur Rahmah Andayani. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Sucofindo Batam.” Journal of Applied Business Administration 1 (2): 232–43.

Lusiana, Lusiana, Salamun Pasda, Mustari Mustari, Muhammad Ihsan Said Ahmad, and Muhammad Hasan. 2020. “Pengaruh Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy Dan Tangibles Terhadap Kepuasan Konsumen GrabBike.” JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan 3 (2): 34.

Musa, Muhammad Ichwan, Muhammad Ilham Wardhana Haeruddin, and M. Ikhwan Maulana Haeruddin. 2018. “Customers’ Repurchase Decision in the Culinary Industry: Do the Big-Five Personality Types Matter?” Journal of Business and Retail Management Research 13 (1): 131–37.

Nilasari, Eswika, and Istiatin. 2015. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Dealer Pt. Ramayana Motor Sukoharjo.” Jurnal Paradigma Universitas Islam Batik Surakarta 13 (01): 115736.

Prakoso, Bayu, and Nurhadi. 2017. “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Memakai Jasa Percetakan Embong Anyar Di Gresik.” Bisnis Indonesia 8 (1): 20–38.

Pratiwi, Hardiyanti. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Takana Juo Di Makassar.”

Retina Sri, Sedjati. 2018. Manajemen Pemasaran. Edisi 1, C. Yogyakarta: Copyright ©2018 by Deepublish Publisher All Right Reserved.

Saputra, Suparno, and Resty Yulistianis Sudarsa. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Grand Setiabudi Hotel& Apartment.” Jurnal Bisnis Dan Pemasaran 9 (2): 21–31.

Sattar, Mihani, and Devi Sri Wahyuni. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cv Bahagia Samarinda” 1 (2): 98–107.

Simon, Kevin, Christina Whidya Utami, and Metta Padmalia. 2016. “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Surya Nalendra Sejahtera Tours & Travel.” Journal Of Management 1 (3): 383.

Sugiyanto, Eviatiwi Kusumaningtyas, and Fera Kurniasari. 2020. “DIMENSI KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Pelanggan Hotel X Semarang).” Business Management Analysis Journal (BMAJ) 3 (2): 112–25.

Tjiptono, Fandy, and Gregorius Chandra. 2016. Service, Quality, Dan Satisfaction. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmob.v2i3.5156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan