PENGARUH KURIKULUM, FASILITAS BELAJAR, KOMPETENSI DAN DISIPLIN GURU TERHADAP MUTU LULUSAN

Nunuk Sisharwati, Zulkifli Zulkifli, Zulkifli Zulkifli, Firdaus Hamta, Firdaus Hamta

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kurikulum, fasilitas belajar, kompetensi dan disiplin guru terhadap mutu lulusan SMK Hang Nadim Batam baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain deskriptif. Populasi penelitian ini adalah alumni SMK Hang Nadim Batam Tahun 2019-2021. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified random sampling sebanyak 100 orang alumni. Data diperoleh dengan menggunakan  instrumen angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum, fasilitas belajar, kompetensi dan disiplin guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu lulusan baik secara parsial maupun simultan.


Keywords


Kurikulum, fasilitas belajar, kompetensi, disiplin guru, mutu lulusan

Full Text:

PDF

References


Ansori, Kholid. 2019. “Pengaruh Kinerja Guru dan Manajemen Kurikulum terhadap Mutu Lulusan di MTs 4 Batang Hari”. Jurnal Pendidikan Islam, Volume 5, Nomor 1. ISSN : 2462-0410P, 252-2997 E.

Astuti, A. 2011. “Pengaruh Kompetensi Guru, Media Pembeajaran, dan Dunia Usaha Dunia Industri terhadap Mutu Lulusan di SMK 2 Wonosobo”. Disertasi tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Barnawi, Mohammad Arifin. 2014. Kinerja Guru Profesional: Instrumen Pembinaan, Peningkatan dan Penilaian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Malik et al. 2020 Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020 Jenjang Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. Badan Akreditasi Sekolah/Madrasah

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implentasi Pemikiran Kurikulum. Bandung: Rosdakarya

Oktiani, I. 2019. ”Peningkatan Mutu Lulusan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekuncen Banyumas”. Tesis tidak diterbitkan. Purwokerto: Program Pasca Sarjana Institut Agama Islam Negeri.

Rivai dan Sagala, Ella. 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk. Perusahaan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sallis, Edward . 2015. Total Quality Managemen In Education. Yogyakarta: IRCiSoD.

Sari, F. (2018). Pengaruh Persepsi Guru Tentang Manajemen Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesionalis Guru Terhadap Mutu Lulusan di SMA Se-Kecamatan Pekalongan. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 3(2), 235-251.

Sayakirty, Rudi. 2021. Tribun Batam edisi Jumat 25 Juni 2021. Lowongan di Batam sulit dicari, Kadisnaker Batam ungkap fakta di lapangan. Diakses dari https://batam.tribunnews.com/2021/06/25 pada tanggal 15 Maret 2022.

Siswoyo et al. 2011. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sutrisno, Edy. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wahyuni 2020. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah, Kinerja Guru Dan Fasilitas Belajar terhadap Mutu Lulusan di SMK Pelayaran Samudera Indonesia Medan”. Jurnal Pendidikan Dasar, Menengah, dan Tinggi. E ISSN-2715 9213. Diakses pada tanggal 30 Maret 2022

Yamin, Moh. 2012. Panduan Manajemen Kurikulum Pendidikan, Panduan Lengkap Tata Kelola Kurikulum Efektif. Yogyakarta : Diva Press.

Zainal et al. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmob.v2i3.5158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan