PENANAMAN MANGROVE UNTUK KONSERVASI PANTAI TANJUNG SENGKUANG

Adam Adam

Abstract


Kelurahan Tangjung Sengkuang berada di pinggir pantai dengan luas pantai 120,6 km², yang mana di pinggir pantai Tanjung Sengkuang ini ditumbuhi pohon mangrove. Berdasarkan data Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Kota Batam menyatakan wilayah Batam kehilangan sekitar 800 hektar hutan mangrove sepanjang tahun 2015. Hal ini senada dengan kondisi pohon mangrove di Kelurahan Tanjung Sengkuang yang kelihatan sudah mulai punah dan tidak terpelihara akibat perusahaan-perusahaan yang berada disekitar pantai Tanjung Sengkuang menebang hutan bakau semena-mena ditambah warga yang mempunyai kapal-kapal menebang pohon mangrove untuk dijadikan lahan tempat bersandarnya kapal.

Tujuan dari Pengabdian Kepada Masyarakat ini diantaranya, untuk menanamkan rasa peduli masyarakat terhadap lingkungan hidup khususnya pohon mangrove, disamping itu juga kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan membangkitkan motivasi  masyarakat akan pentingnya pelestarian hutan bakau untuk keberlangsungan hidup habitat laut dan juga untuk kesehatan warga sekitar pantai.

Adapun metode kegiatan yang diterapkan dalam kegiatan ini menggunakan metode, ceramah, diskusi, simulasi, dan penyuluhan. Sasaran dari kegiatan ini yaitu KSM Tanjung Sengkuang Bersih, Karang Taruna Tanjung Sengkuang, Anak-anak sekolah, dan masyarakat sekitar pantai.

Dari hasil kegiatan tersebut, penanaman pohon mangrove berjalan dengan lancar sesuai dengan yang direncanakan, hal ini terlihat jumlah pohon mangrove yang 1.200 batang 1 bulan setelah selesai kegiatan terlihat tumbuh dengan baik. Disamping itu juga masyarakat terlihat sangat antusias dalam menjaga lingkungan setelah kegiatan selesai.

Kata Kunci : Konservasi pantai, Penanaman Mangrove, Tanjung Riau


Keywords


Keywords: Beach Conservation, Mangrove Planting, Tanjung Riau Village

Full Text:

PDF

References


Peraturan Perda No.2 Tahun 2005 tentang Pemekaran, Perubahan dan Pembentukan Kecamatan Kelurahan di Kota Batam.

Gunarto, Konservasi Mangrove Sebagai Pendukung Sumber Hayati Perikanan Pantai, Jurnal, Riset Perikanan Budidaya Air Payau, 20

Permenristek dikti No. 44 Tahun 2015




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v2i1.1379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.