PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH UNTUK MEMOTIVASI LITERASI MENULIS SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) KARIMUN

Tisrin Maulina Dewi

Abstract


Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah untuk memberikan pengetahuan, pemahaman dan meningkatkan motivasi siswa tentang penulisan karya tulis ilmiah, karena selama ini banyak sekolah yang sekedar melakukan pendampingan pada saat kompetensi karya tulis ilmiah diadakan bahkan ada juga yang tidak sama sekali melakukan pendampingan. Karya tulis ilmiah yang merupakan literasi menulis siswa adalah salah satu keterampilan yang sangat penting dan harus dimiliki oleh siswa dalam menjalani pendidikan di sekolah maupun ketika nanti melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Kegiatan pelatihan ini meliputi penjelasan materi tentang kaidah-kaidah penulisan karya tulis ilmiah, cara memunculkan ide kreatif kedalam sebuah tulisan serta cara mempresentasikan dalam kegiatan karya ilmiah. Kegiatan ini diikuti oleh 45 orang siswa/i dari kelas X dan XI MAN Karimun. Metode kegiatan ini ada tiga yaitu pra pelatihan, pelaksanaan pelatihan dan evaluasi pelatihan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pelatihan yang diberikan cukup memotivasi dan meningkatkan keterampilan siswa untuk menulis karya ilmiah.

Keywords


Literasi, Karya tulis ilmiah

Full Text:

PDF

References


Agustina., Syahrul R., Utami, D.P., Yulianti, R. (2019). Pelatihan Penelusuran Informasi Elektronik dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Siswa SMPN. JP-Ipteks (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 65 – 74.

Azizah, R.N. (2019). Mutu Pendidikan dan Budaya Literasi. https://doi.org/10.31227/osf.io/eyfvp.

Aznedra dan Rizki, E.P. (2018). Pelatihan Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat “Ceria” sebagai Sarana Pembelajaran Pendidikan Non Formal bagi Warga Kelurahan Bukit Tempayan RW 03. Jurnal Minda Baharu. 2 (1), 67 – 83.

Casmudi dan Ryan, A.P. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Remaja bagi Siswa/i SMA Sederajat di Kecamatan Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara. Abdimas Universal. 1(1), 1 – 5.

Dewi, I.L.K., Anggita, dan Setiyani, M. (2020). Pelatihan Aplikasi Schoology sebagai Upaya Menyelenggarakan Pembelajaran Jarak Jauh di SMK Samudra Nusantara. Jurnal Minda Baharu, 4(2),122 – 130.

Dwijayanti, R., Marlena, N., dan Patrikha, F.D. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis (KTI) Bagi Guru-guru SMK di Kabupaten Jombang . Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 249 – 266.

Harian Jurnal Asia. (2016). Workshop Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Siswa. Diunduh dari http://www.jurnalasia.com/ragam/workshoppelatihan-penulisan-karya-ilmiah-bagi-siswa/ Diakses tanggal 8 April 2021.

Pohan, A.E. (2017). Program Pelatihan Basic of English terhadap Anak-Anak Siswa Sekolah Dasar di SDN 004 Sagulung. Jurnal Minda Baharu, 1(2), 7 – 14.

Samsir, I. (2020). Hubungan Budaya Literasi dengan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN Sudirman II Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar. Skripsi. Makassar: Prodi PGSD FKIP, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sudibjo, N., Pramono, R., dan Harsanti, HG.R. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa SMA Melalui Program Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Sinergitas PKM dan CSR., 3(1), 79 – 85.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v5i1.3352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.