PEMBUATAN VIDEO PENGENALAN PROFESI AKUNTANSI UNTUK MENARIK MINAT SISWA MENJADI AKUNTAN

Riri Zelmiyanti, Irsutami Irsutami, Muhammad Zaenuddin, Muslim Ansori, Mega Mayasari, Seto Sulaksono Adi Wibowo, Anjelina Anjelina, Hanny Oktaria, Afriyanti Hasanah, Winanda Wahana Warga Dalam, Vina Kholisa Dinuka

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk memperkenalkan profesi akuntan terhadap calon mahasiswa. Profesi akuntan menjadi salah satu bidang ilmu yang mengalami pergeseran akibat adanya revolusi industri 4.0. Salah satunya pekerjaan akuntan akan bisa digantikan membuat laporan keuangan banyak program-program yang bisa digunakan tidak harus akuntan yang menggunakan. Perkembangan teknologi mengakibatkan profesi akuntan underestimate terkait dampak teknologi terhadap bidang pekerjaan akuntan. Disisi lain banyak asumsi dilapangan akuntan sebatas memeberikan laporan keuangan padahal banyak aspek keahlian yang dihasilkan akuntan, menganalisis laporan keuangan, administrasi pajak, auditing dan lainnya. Akuntan juga bisa bekerja di berbagai sektor baik sektor pemerintahan, public, dan privat. Oleh karena itu dibutuhkan sosialisasi yang lebih gencar terkait profesi akuntansi. Pengabdian ini dilakukan dengan cara membuat video pengenalan profesi akuntansi. Pembuatan video ini ditujukan untuk calon mahasiswa akuntansi untuk meyakinkan mereka bahwa akuntan merupakan suatu profesi yang sangat banyak peluangnya. Setelah menampilkan video disebarkan kuesioner respon responden. Hasil kuesioner menunjukan bahwa banyak responden yang tertarik untuk menjadi akuntan. Informasi yang didapatkan terkait profesi akuntan berasal dari berbagai sumber salah satunya media social.

Keywords


Profesi, Akuntan, dan Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Agustina, R., Pertiwi, D.A.., Ardiana, M., Ervina, D., dan Irwati, W. (2020). Peningkatan Literasi Siswa SMK Pada Bidang-Bidang Akuntansi dan Jenis-Jenis Profesi Akuntansi. Abidumasy , 1(1), 54-57.

Napisah, Jelanti, D., Nursita, M., Khuluqi, K., dan Protomo, N.W. (2021). Etika Profesi Akuntansi Problematika di Era Kompetitif. Pro Bono: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(1), 1-17.

Nariman, A., dan Tanusdjaja, H. (2020). Akuntansi Sebagai Profesi dan Tantangannya Bagi Siswa-siswi SMA Kristen Tiara Kasih Jakarta. Laporan Akhir Pengabdian Kepada Masyarakat yang Diajukan Kelembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Program Studi Akuntansi. Fakultas ekonomi, Universitas Tarumanagara. Jakarta.

Nurhatyo, E., dan Utami, I. (2015). Riset Akuntansi Managemen; Telaah Tiga Perspektif. Jurnal Riset Manajemen, 2(1), 14-25.

Putra, N. E. (2019). Inilah yang Harus Disiapkan oleh Profesi Akuntan untuk Generasi Milenial Era Digital. Public Relation of Faculty of Economics & Business. https://www.feb.ui.ac.id/blog/2019/09/19/inilah-yang-harus-disiapkan-oleh-profesiakuntan-untuk-generasi-milenial-era-digital/

Saraswati, A.M., dan Nugroho, A.W. (2021). Tantangan dan Problematika Profesi Akuntan di Era Kompetitif Bagi Generasi Z. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1573-1578. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8005

Satria, M.R. (2019). Pemilihan Jalur Karir bagi Mahasiswa Akuntansi di

Politeknik Pos Indonesia. Ekono Insentif, 13(02), 125-133.

Satria, M.R., Fatmawati, A.P., Mariasmiati, dan Firmansyah, I. (2021). Sosialisasi Tentang Bidang-Bidang Akuntansi dan Profesi Akuntan Pada Siswa-Siswi Jurusan Akuntansi di SMKN 1 Subang. Integritas: Jurnal Pengabdian, 5(2), 312-322.

Suwardjono. 2013. Teori Akuntansi (Perekayasaan Pelaporan Keuangan) Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE.

Warren, Reeve, dan Fess. (2008). Pengantar Akuntansi, Edisi Dua Puluh Satu, Salemba Empat, Jakarta.

https://akuntansi.uma.ac.id/2020/10/13/akuntansi-dan-revolusi-industri-4-0-sebuah-antangan-profesi-akuntan-di-era-digitalisasi/




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v6i1.3499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.