SOSIALISASI PEMANFAATAN SAMPAH ORGANIK BERNILAI EKONOMIS DENGAN BUDIDAYA MAGGOT DI KECAMATAN TANAH PUTIH, ROKAN HILIR

Misdawita Misdawita, Yelly Zamaya, Hilmah Zuryani

Abstract


Permasalahan pengelolaan sampah masih menjadi tantangan besar bagi Provinsi Riau, yaitu volume sampah yang semakin meningkat. Di Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau  hasil pertanian dan perkebunan rakyat dijual oleh pedagang di pasar yang diadakan secara bergantian di setiap desa. Namun, di pasar tersebut banyak sampah dari penjualan sayuran dan buahan yang terbuang dan dihanyutkan ke sungai rokan oleh karena itu diperlukan pengelolaan sampah organik tersebut agar dapat bernilai ekonomis bagi para pedagang. Salah satu cara pengelolaan sampah yang baik yaitu dengan cara memanfaatkannya sebagai media budi daya Maggot. Maggot merupakan larva dari lalat Black Soldier Fly (BSF). Hasil dari budidayya Maggot ini dapat menjadi bahan pakan ternak, karena maggot memiliki protein yang tinggi Metode pada pengabdian ini adalah berupa sosialisasi tentang bagaimana mengolah sampah organik menggunakan budidaya maggot agar hasilnya dapat dimanfaatkan oleh para peternak. Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan kepada pedagang tentang pemanfaatan sampah organik dengan memanfaatkan budidaya Maggot. Hasil kegiatan ini adanya peningkatan pengetahuan  masyarakat khususnya pedagang sayuran dan buahan tentang pemanfaatan sampah organik. Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa harus adanya pelatihan lanjutan dalam pengelolaan sampah organik dengan budidaya maggot lalat BSF, agar pedagang memiliki kemampuan dalam mengelola sampah organik.


Keywords


Sampah; Ekonomis; Maggot; BSF; Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Azir, A., H. Harris, dan R. N. K. Haris. (2017). Produksi dan Kandungan Nutrisi Maggot (Chrysomya Megacephala) Menggunakan Komposisi Media Kultur Berbeda. Jurnal Ilmu-Ilmu Perikanan dan Budidaya Perairan. 12(1), 34-40.

Dortmans B, Diener S, Verstappen dan B, Zurbrügg. (2017). Proses Pengolahan Sampah Organik dengan Black Solier Fly: Panduan Langkah-langkah Lengkap. Octavianti DC. Dübendorf (CH): Eawag-Swiss Federal Institute of Aquatic Science and Technology.

Masrufah, A., Afkar, K., Fawaid, A. S., Alvarizi, D. W., Khoiriyah, L., Khoiriyah, M., ... dan Ramadhan, M. N. (2020). Budidaya Maggot BSF (Black Soldier Fly) Sebagai Pakan Alternatif Ikan Lele (Clarias Batracus) Di Desa Candipari, Sidoarjo Pada Program Holistik Pembinaan Dan Pemberdayaan Desa (Php2d). Journal of Science and Social Development, 3(2), 10-16.

Mulasari, S.A., Husodo, dan A.H.,Muhadjir, N. (2016). Analisis Situasi Permasalahan Sampah Kota Yogyakarta dan Kebijakan Penanggulangannya. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1(2), 96-106.

Rachmawati, R., Buchori, D., Hidayat, P., Hem, S., dan Fahmi, M. R. (2015). Perkembangan dan Kandungan Nutrisi Larva Hermetia illucens (Linnaeus) (Diptera: Stratiomyidae) pada Bungkil Kelapa Sawit. Jurnal Entomologi Indonesia, 7(1), 28.

Schiavone A, Cullere M, Marco MD, Meneguz M, Biasato I, Bergagna S, Daniela D, Francesco Gi, Sihem D, Laura G dan Antonella DZ. (2017). Partial Or Total Replacement Of Soybean Oil By Black Soldier Larvae (Hermetia Illucens L.) Fat In Broiler Diets: Effect On Growth Performances, Feed Choice, Blood Traits, Carcass Characteristics And Meat Quality. Italian Journal of Animal Science. 16 (1), 93-100.

Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional. (2017). Capaian kinerja pengelolaan sampah. [terhubung berkala: https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/ (diakses pada 21 mei 2021).




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v6i1.3911

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.