PENDAMPINGAN SOSIALISASI PERAN UMKM DALAM PENINGKATAN EKONOMI KELUARGA DI WARGA RW.001 KECAMATAN BATU AJI KELURAHAN BUKIT TEMPAYAN KOTA BATAM

Junierissa Marpaung, Rimayang Anggun Ramli, Yannik Ariyati, Juwita Boneka Sinaga

Abstract


Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan wawasan pengetahuan tentang meningkatkan ekonomi keluarga melalui UMKM. Dengan pengabdian masyarakat ini diharapkan ekonomi keluarga dapat meningkatkan melalui UMKM atau pemberdayaan UMKM agar semakin menarik. Sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan pemahaman bagi warga RW.001 Kecamatan Batu Aji Kelurahan Bukit Tempayan dan pelaku UMKM terkait dengan berbagai peluang usaha UMKM dan ekonomi kreatif di masa krisis, masa krisis adalah masa berlangsungnya pandemic Covid-19. Warga RW.001 Kecamatan Batu Aji Kelurahan Bukit Tempayan diberikan motivasi untuk lebih mengedepankan inovasi dan orientasi global sesuai kebutuhan masyarakat. Sosialisasi ini juga memaparkan pentingnya marketing digital sebagai bentuk promosi penjualan ke masyarakat yang lebih luas. Persiapan dilakukan dengan melakukan survei pendahuluan untuk melihat kondisi di lapangan mengenai masalah yang dihadapi masyarakat. Pelaksanaan dilakukan dengan memberikan layanan informasi dengan menggunakan metode ceramah berupa sosialisasi yaitu dengan teknik presentase, dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Hasil kegiatan sosialisasi menunjukkan bahwa: (1). Program pengabdian pada masyarakat dengan kegiatan sosialisasi tentang meningkatkan ekonomi  keluarga melalui peran UMKM di RW 01 Kelurahan BukitTempayan Kota Batam dapat terlaksanakan dan direspon dengan baik. (2). Pelaksanaan program pengabdian pada masyarakat ini sangat bermanfaat bagi masyarakat sehingga dapat diterapkan para warga dengan meningkatkan UMKM yang sudah ada seperti melakukan pemasaran secara online, memperbaiki kemasan agar lebih menarik.


Keywords


UMKM, Ekonomi Keluarga

Full Text:

PDF

References


Atsar, A. dan Fadlian, A.(2021). Sosialisasi Kegiatan Penyuluhan UMKM Mewujudkan Perekonomian Masyarakat yang Mempunyai Potensi dan Peran Strategis Menurut Undang-undang No.20 Tahun 2008. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 5(5),1202-1210.

Bahtiar dan Agi, R. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Serta Solusinya. Info Singkat Bidang Ekonomi dan Kebijakan Publik. Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual dan Strategis Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI. XIII(10),19-24.

Dahlan, M. (2017). Peran Pengabdian Pada Masyarakat Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Padjajaran, 1(2),81-86.

Darwanto, Anggraeni F. (2013). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal dan Potensi Internal (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha “Emping Jagung” di Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing Kota Malang. Jurnal Administrasi Publik, 1(6), 1286-1295.

Gunartin. (2017). Penguatan UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Eduka: Jurnal Universitas Pamulang, 2(2), 46-55.

Istiatin, dan Setya, F. (2021). Sosialisasi Berbagai Peluang Usaha UMKM Dan Ekonomi Kreatif Di Era New Normal Di Dusun Pinggir Telukan Sukoharjo. Budimas: Jurnal Universitas Islam Batik Surakarta, 3(1), 129-140.

Lumendek, D. A.; et al. (2021). Pendampingan Masyarakat dalam Meningkatkan UMKM dan Pembenahan Sarana Administratif Rumah Dataku di Kampung Keluarga Berkualitas (KB) “Melati” Kelurahan Blotongan Kota Salatiga. Magistrorum Et-Scholarium: Jurnal Universitas Kristen Satya Wacana, 01(03), 460-473.

Mulyana, E.; Andi, et al. (2021). Pengembangan UMKM Melalui Sosialisasi dan Penyuluhan Secara Digital untuk Menunjang Keberlangsungan Usaha di Masa Pandemi Covid-19. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 62-76.

Taryudi, A.; et al. (2021). Pemulihan Ekonomi Keluarga UMKM Lokal melalui Pelatihan Desain Kemasan Produk dan Pemasaran Online di Desa Pekandangan Jaya, Kabupaten Indramayu. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat Instritut Pertanian Bogor, 3(1), 27-35.

Tanjung, M. Z. (2017). Peranan Dinas Sosial dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Pemberdayaan Perempuan Melalui Program UEP-KM di Kecamatan Way Halim Kota Bandar Lampung). (Skripsi). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v6i1.4022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.