OPTIMALISASI PEMASARAN KUE TRADISIONAL MELALUI DIGITALISASI DAN PENYUSUNAN E-KATALOG UMKM DI KELURAHAN CIPUTAT, TANGERANG SELATAN

Gusmia Arianti, Oni Tarsani, Ditha Riyansa, Muhammad Shaddam Rizqullah, Nahlazahira Rahmah

Abstract


Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalkan pemasaran produk kue tradisional anggota Koperasi Serba Usaha (KSU) Berlian di Kelurahan Ciputat, Tangerang Selatan, melalui digitalisasi dan penyusunan e-katalog. Permasalahan utama yang dihadapi mitra mencakup rendahnya kualitas desain kemasan, minimnya pemanfaatan teknologi digital dalam strategi pemasaran, serta belum tersusunnya e-katalog sesuai ketentuan LKPP. Sebagai solusi, dilakukan pelatihan berbasis hard skill yang meliputi desain kemasan, pengembangan promosi digital, dan penyusunan e-katalog. Kegiatan ini melibatkan 30 peserta yang diberikan pelatihan desain menggunakan Canva/Adobe, fotografi produk, serta praktik penggunaan platform marketplace seperti Shopee, Tokopedia, WhatsApp Business, Instagram, dan TikTok. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan digital peserta, termasuk kemampuan membuat konten promosi dan mengunggah produk ke marketplace. Selain itu, satu e-katalog berhasil disusun sebagai output utama. Meskipun demikian, masih ditemukan kendala berupa rendahnya literasi digital dan keterbatasan akses terhadap dokumen administratif untuk pendaftaran e-katalog. Oleh karena itu, diperlukan pendampingan lanjutan guna memastikan keberlanjutan transformasi digital yang telah dimulai.

Keywords


packaging design, e-catalogs, digital marketing, MSMEs, entrepreneurship

Full Text:

PDF

References


Arianti, G., Tarsani, O., & Rizqullah, M. S. (2023). Pengelolaan Wirausaha Mandiri Produk Kue Tradisional Berbasis Digital di KSU Berlian. Journal of SERVITE, 5(2), 125–137. http://journal.lspr.ac.id/index.php/servite/article/view/583%0Ahttp://journal.lspr.ac.id/index.php/servite/article/download/583/267

Cay, S., & Irnawati, J. (2020). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan (studi kasus UMKM di Tangerang Selatan). Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(2), 160–170. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i2.132

Dinansyah, F., Susilo, D., & Berto, A. R. (2024). Live streaming commerce as communication media at Social Bread. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 10(1), 093. https://doi.org/10.30813/bricolage.v10i1.4999

Gumilang, R. R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25

Hanifa, N., Rachmawati, L., Cahyono, H., Restikasari, W., Zainuddin, A. Z., Ekonomika, F., & Surabaya, U. N. (2024). Pengembangan Kewirausahaan Komunitas Melalui Penciptaan Desain Pemasaran Digital. Minda Baharu, 8(1), 126–137. https://doi.org/10.33373/jmb.v8i1.6179

Hidayatullah, M. R. (2025). Konten sebagai Senjata: Analisis Kualitatif Strategi Digital Branding Umkm di Media Sosial dan Marketplace Pasca Pandemi. 21(1).

Kemenkeu. (2022). UMKM Sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional. Kementerian Keuangan RI. https://pip.kemenkeu.go.id/berita/44/umkm-sebagaicritical-engine-perekonomian-nasional

Kertajaya, H., & Setiawan, I. (2019). Marketing 4.0 Bergerak dari Tradisional ke Digital (A. Tarigan (ed.); Terjemahan). Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.

Mishnick, N., & Wise, D. (2024). Social Media Engagement: An Analysis of the Impact of Social Media Campaigns on Facebook, Instagram, and LinkedIn. International Journal of Technology in Education, 7(3), 535–549. https://doi.org/10.46328/ijte.699

Mujiyanti, S. A., Suparto, A. A., Hasan, A., & Chandra, H. (2024). Pendampingan Pemasaran Digital Bagi Kelompok Ekonomi Rumah Batik Ingklusi Rubi di Desa Kedungdowo. 8(1), 138–144.

Nurjanah, N., Nasihin, N., Indriyani, T., Isnadiyati, A., Sabita, A., Noviana, P., Jannah, A. N., Wahyuningsih, S. R., Nur, S. M., Safithri, H. W., Loerensa, A. S., Asropi, P., & Harahap, A. A. (2024). Pelatihan dan Pendampingan untuk Meningkatkan Potensi Usaha Mikro, Kecil, dan Mengenah (UMKM) di Kelurahan Sawitan. Warta LPM, 172–184. https://doi.org/10.23917/warta.v27i2.2826

Prasetyawati, Y. R., Ayu, J. P., Octavanny, V., Kurniasari, K. K., & Keliat, C. (2023). Sosialisasi dan Edukasi Panduan Bersih Sehat Makan Diluar Pada UMKM Kuliner. Journal of Servite, 5(1), 1. https://doi.org/10.37535/1020054120231

Richadinata, K. R. P., & Astitiani, N. L. P. S. (2021). Pengaruh Iklan Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Lingkungan Universitas Bali Internasional. Jurnal Harian Regional, 10(2), 188–208. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2021.v10.i02.p05

Rozikin, A. C., Ziaulhaq, A., Azura, K., Alfina Fauziyah, Siti Durorun Naja, Abdurrahman Nafis, Retno Anggi Setyowati, & Revlia Ailsa Julian. (2024). Pemberdayaan Masyarakat melalui Media Digital: Optimalisasi Smart Digital Marketing Berbasis Aplikasi untuk Penguatan Usaha Lokal Warga Ngampel Kulon. Karya Nyata : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 01–09. https://doi.org/10.62951/karyanyata.v1i4.562

Saragih, H. S., & Syafari, M. R. (2023). Implementation of The Local E-Catalog Policy in an Effort to Empower MSMEs in The Procurement ff Government Goods / Services in Tanah Bumbu Regency. 4(3), 125–136.

Tseng, P.-Y., & Lee, S.-F. (2019). The Impact of Web Visual Aesthetics on Purchase Intention. 2019 IEEE Eurasia Conference on IOT, Communication and Engineering (ECICE), 28–31. https://doi.org/10.1109/ECICE47484.2019.8942664

Valentika, N., Zenabia, T., & Rosini, N. I. (2020). Implementasi Sosial Media Marketing Dalam. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat – Aphelion, 01(01), 68–74.

Yahya, I., & Siregar, K. (2020). Idhar Yahya et al. Improvement Of Production Facilities Improvement of production facilities for improving the sales of banana crafts managers and improving production facilities for improving the sales of banana crafts and peek crafts. ABDIMAS TALENTA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 73–79. https://doi.org/10.32734/abdimastalenta.v5i1.4027

Yulianti, P., Fahmy, R., Rahman, H., & Rivai, H. A. (2023). Analisis Knowledge Management Menggunakan Model Big Data di Media Sosial UMKM. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 13(1), 24–39. https://doi.org/10.34010/jamika.v13i1.8682




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v9i1.7021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.