PENGEMBANGAN HIGH ORDER THINKING SKILL MELALUI MENULIS KREATIF BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN LITERASI BACA TULIS REMAJA TANJUNG GUNDAP
Abstract
Keywords
References
Agustin, M., Pratama, Y. A., Sopandi, W., & Rosidah, I. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran RADEC Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa PGSD. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1), 140–152. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i1.2672
Binkley, M., Erstad, O., Herman, J., Raizen, S., Ripley, M., Miller-Ricci, M., & Rumble, M. (2012). Defining Twenty-First Century Skills. In Assessment and teaching of 21st century skills (pp. 17–66). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/978-94-007-2324-5_2
Kristiana, A., Wahyuni, T., & Wiratsih, W. (2024). Pelatihan Penulisan Kreatif Dengan Gagasmedia Bagi Komunitas Sunmor Book Club Jogja. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 186–192. https://doi.org/https://doi.org/10.24002/senapas.v2i1.9201
Kusuma, N. W. (2022, November 2). Mengapa Tingkat Literasi di Kalangan Remaja Indonesia Masih Rendah? Kompasiana. https://www.kompasiana.com/nisrinakusumaa/636261c64addee127672e432/mengapa-tingkat-literasi-di-kalangan-remaja-indonesia-masih-rendah
McMillan, J. H. (2007). Classroom Assessment: Principles and Practice for Effective Standards based Instruction. Pearso/Allyn & Bacon. https://books.google.co.id/books/about/Classroom_Assessment.html?id=v9FKAAAAYAAJ&redir_esc=y
Mumpuni, A. (2023). Pelatihan Menulis Kreatif melalui Permainan Tebak Cerita Creative Writing Training Through Guessing Story Games. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(02), 81–87. https://doi.org/https://doi.org/10.46772/jamu.v3i02.1008
Nur, A. M., Mubarok, Y., Washadi, W., & Risnawati, E. (2020). Pelatihan Penulisan Cerpen Remaja pada Ssiswa SMP Negeri 8 Kota Tangerang Selatan. JURNAL CEMERLANG : Pengabdian pada Masyarakat, 2(2), 148–161. https://doi.org/10.31540/jpm.v2i2.910
Nurjanah, M., Fauzia, F., & Fatonah, S. (2021). Implementasi LOTS dan HOTS pada Soal Tema 3 Kelas 1 MI/SD. Jurnal Evaluasi dan Pembelajaran, 3(2), 70–79. https://jepjurnal.stkipalitb.ac.id/index.php/hepi
Suryana, S. I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran RADEC untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Mengidentifikasi Sikap Ilmiah Peserta Didik Sekolah Dasar pada Materi Ekosistem [Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/88935/
Taylor, G. R., & MacKenney, L. (2008). Improving Human Learning in The Clasroom: Theories and Teaching Practices. Rowman & Littlefield Education. www.rowmaneducation.com
Tulljanah, R., & Amini, R. (2021). Model Pembelajaran RADEC sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar: Systematic Review. Jurnal Basicedu, 5(6), 5508–5519. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1680
Witari, N. N. (2022). Pengembangan Pembelajaran Literasi Baca Tulis Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/mpi.v3i2
DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v9i1.7200
Refbacks
- There are currently no refbacks.
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.