Kinerja Bawaslu Ditinjau dari Komitmen Organisasi, Etos Kerja dan Team Work

Cantika Diyah Ayu Puspitasari, Sudarwati Sudarwati, Supaawi Pawenang

Abstract


Penelitiaan ini berutujuan untuk meneliti pengaruh komitmen organisasi, etos kerja dan team work terhadap kinerja Bawaslu Kabupaten Klaten. Populasi yang digunakan pada penlitian ini meliputi seluruh pegawai Bawaslu yang berada di kantor Bawaslu Kabupaten Klaten dan Komisioner yang berada di tingkat kecamatan Kabupaten Klaten. Teknik pengampilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yang menghasilkan sampel sebnayak 80 pegawai yang berada di Bawaslu Kabupaten Klaten. Teknik untuk memperoleh data menggunakan teknik kusioner. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Bawaslu Kabupaten Klaten, etos kerja berpengaruh positif dan signifikan terhdap kinerja Bawaslu Kabupaten Klaten, team work berpengaruh positif dan signifikanlterhdap kinerja Bawaslu Kabupaten Klaten dan secara silmultan komitmen organisasi, etos kerja dan team work berpengaruh terhadap kinerja Bawaslu Kabupaten Klaten .


References


Amir, M. F. (2015). Memahami Evaluasi Kinerja Karyawan, Konsep, dan Penilaian Kinerja di Perubahan. Mitra Wacana Media.

Amirullah. (2015). Kepemimpinan dan Kerjasama Tim. Mitra Wacana Media, Jakarta.

Anda, G. S. (2020). Pengaruh Budaya Kerja dan Teamwork Terhadap Kinerja Pegawai PT PLN (PERSERO) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara.

Bahtian, E. (2020). Pengaruh Komitmen Organisasi, Lingkungan Kerja, Kepemimpinan dan Etos Kerja Islam Terhadap Kinerja Karyawan.

Hasibuan, M. S. p. (2013). Manajemn Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. PT Bumi Aksara, Jakarta.

Kasiram, M. (2008). Metodologi Penelitian. Malang Pers.

Logahan, J. M., & Aesaria, S. M. (2014). Budaya Organisasi dan Keterlibatan Kerja Terhaadap Komitmen Organisasi Berdampak Pada Kinerja Karyawan Pada BTN- Ciputat. Binus Business Review, Vol 5 No 2.

Marsiot, P., Greis, S., & Dkk. (2017). Pengaruh Pelatihan Kerja dan Komiten Organisasi terhadap Kinerja Karyawan PT Asuransi Jasa Indonesia. EMBA, Vol 5 No 3.

Sinamo, J. . (n.d.).(2011). Etos Kerja Profesional Navigator Anda Menuju Sukses. PT Spirit Mahardika, Jakarta.

Sugiyono. (2017). Metode Penenlitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Taufiqurrohman. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan dengan Organizational Citizenship Behaviour (OCB) Sebagai Variabel Intervening.




DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v8i1.2910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.