PENGARUH RETURN ON INVESTMENT (ROI), EARNING PER SHARE (EPS) DAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BEI PADA TAHUN 2013-2016

Oktavianti Oktavianti

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui : (1) Untuk menganalisis Return On Investment (ROI) berpengaruh terhadap return saham perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. (2) Untuk menganalisis Earning Per Share (EPS) berpengaruh terhadap return saham perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. (3) Untuk menganalisis Economic Value Added (EVA) berpengaruh terhadap return saham perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. (4) Untuk menganalisis Return On Investment (ROI), Earning Per Share (EPS) dan Economic Value Added (EVA) secara simultan berpengaruh terhadap Return Saham perusahaan Otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Penelitian ini merupakan jenis kuantitatif karena di dalamnya mengacu pada perhitungan data penelitian yang berupa angka-angka. Variable penelitian ini meliputi variable dependen dan independen. Sampel dalam penelitian ini adalah Perusahaan Otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2016. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling, dengan jumlah 11 perusahaan selama periode 2013-2016. Teknik analisis data menggunakan Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda dan Uji Hipotesis. Analisis ini dilakukan dengan menggunakan program SPSS 20. Penelitian ini menunjukkan bahwa variable Return On Investment (ROI), Earning Per Share (EPS) dan Economic Value Added (EVA) secara parsial tidak berpengaruh terhadap return saham, sedangkan secara simultan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap return saham.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v5i2.1458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.