EFEK LINGKUNGAN KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP MOTIVASI KERJA PADA SEKOLAH WIDYA BATAM

lutfi erwin lubis

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh lingkungan kerja dan kompensasi terhadap motivasi kerja di Sekolah Widya Batam.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik kausal karena pengaruh beberapa variabel terhadap motivasi kerja. Populasi penelitian adalah guru di Sekolah Widya Batam sebesar 137 orang guru. Ukuran sampel yang di ambil adalah sebesar 102 orang guru, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner untuk mengukur tiga variabel: lingkungan kerja, kompensasi, dan motivasi. Instrumen ini telah dicoba sebelum digunakan untuk mengumpulkan data, dan hasil masing-masing instrumen valid dan dapat diandalkan. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur, yang digunakan untuk menguji signifikansi masing-masing koefisien jalur.

Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh langsung yang signifikan antara lingkungan kerja terhadap Motivasi, dan kompensasi terhadap motivasi. Motivasi adalah variabel terikat. Lingkungan kerja dan  kompensasi sebagai variabel penting yang mempengaruhi motivasi, oleh karena itu disarankan lingkungan kerja dan kompensasi sebaiknya mendapat perhatian dari para pemimpin di Sekolah Widya dalam rangka meningkatkan motivasi kerja guru.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v6i2.1623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.