PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) WIDURI

Rapida Nuriana, Raja Hardiansyah

Abstract


Abstrak

This study aims to determine the influence of services quality and product quality to customer satisfactions on the Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Widuri. Type of this research is quantitatives and using multiple regression analysis. The analysis includes : validity and reliability, the classic assumption test, and hypotesis testing by t and f test. This study used 133 respondens as sample of the total population 200 peoples who have bought more than twice in KUBE Widuri. The results of study showed that the service quality and product quality significantly influence both simultaneously to customer satisfactions on the Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Widuri. The service quality is not significantly influence partially to customer satisfactions on the Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Widuri. The product quality is significantly influence partially to customer satisfactions on the Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Widuri.

 

Keywords: service quality, product quality, customer satisfaction

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Widuri. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis meliputi: validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis dengan uji t dan f. Penelitian ini menggunakan 133 responden sebagai sampel dari total populasi 200 orang yang telah membeli lebih dari dua kali di KUBE Widuri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan dan kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Widuri. Kualitas layanan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Widuri. Kualitas produk secara signifikan berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan pada Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Widuri.

 

Kata Kunci: Kualitas pelayanan, kualitas produk, kepuasan pelanggan

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Priyatno, D. (2011). Buku Saku SPSS. Analisis Statistik dengan Microsoft Excel & SPSS. Yogyakarta: Andi.

Putro, S. W., Hatane, S., & Brahmana, R. K. (2014). Pengaruh Kualitas layanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Volume 2, No.1, 1-9.

Saidani, B., & Arifin, S. (2012). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli pada Ranch Market. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), Vol.3, No.1.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan praktis. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Sugiyono. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Tanuwijaya, M. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Pipop Copy. Jurnal NeO-Bis, Volume 7, No.1.




DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v7i2.2525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.