MANAJEMEN PENGELOLAAN EKOWISATA KARST DENGAN ANALISIS PRIORITAS MANFAAT DAN BIAYA

widodo ismanto

Abstract


Metode yang dilakukan adalah dengan cara melakukan pembobotan dengan mempertimbangkan faktor lingkungan, ekonomi dan sosial budaya. Cara pembobotannya dengan menggunakan metode Eckenrode, yaitu melakukan pembobotan nilai manfaat dari ketiga faktor tersebut serta faktor biaya lingkungan, ekonomi dan sosial budaya.

Adapun skala pembobotan dari faktor manfaat ditentukan mulai dari skor 1 (sangat tidak berpengaruh) dan skor 5 (sangat berpengaruh), sedangkan mengenai biaya diberikan skor 1(sangat kecil dan 5(sangat tinggi).  Proses kuesioner melibatkan beberapa orang ahli dari masing-masing bidang yag dibutuhkan, yaitu stakeholder(pengambil kebijakan), ahli karst, pelaku wiasta dan tokoh masyarakat.

Fungsi dari analisis tersebut dapat diterapkan suatu kebijakan berdasarkan urutan hasil perkalian pembobotan, yang sifatnya positif terhadap masyarakat dan lingkungan ditingkatkan(optimalisasi), sedangkan yang sifatnya negatif terhadap masyarakat dan lingkungan di lakukan pengurangan (minimalisasi).


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Marimin. 2005.Teori dan Aplikasi Sistem Pakar dalam Teknologi Manajerial. Bogor: IPB-Press.

Maarif dan Tanjung. 2003. Teknik-Teknik Kuantitatif Untuk Manajemen. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Mitchell, L.S. 1994. Research on the Geography of Tourism. In Travel, Tourism, and Hospitality Research: A handbook for Manager and Researchers, ed. J.R. Brent Ritchie and Charles R. Goeldner. New York: John Wiley and Sons: 197-242.

Mylroie, JE and Carew, JL. 2003. Kars development on carbonate island. J.Speleogen. Evol. Kars Aquifer. 1(2): 55-76

[P4 UGM] Pusat Penelitian dan Pengembangan Pariwisata Universitas Gadjah Mada. 2000. Laporan akhir Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah Kabupaten Gunungkidul. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v7i2.2702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.