PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, LIKUIDITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Dewi Rahmawati, Erawati Kartika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, leverage, likuiditas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada sub sektor Hotels, Resort, dan Cruise Line yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2019–2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linier berganda. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan perusahaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa profitabilitas dan leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sebaliknya, likuiditas dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara simultan, keempat variabel independen tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Temuan ini menunjukkan bahwa faktor-faktor keuangan internal memainkan peran penting dalam membentuk nilai perusahaan, terutama di sektor yang sangat terdampak oleh dinamika eksternal seperti industri pariwisata dan perhotelan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v12i2.8522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.