STRATEGI TALENT MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN RETENSI DOSEN MUDA DI UNIVERSITAS LAMAPPAPOLEONRO

Nurmal Idrus, Asnia Nia Minarti, Soufyan Soufyan

Abstract


Retensi dosen muda merupakan isu penting bagi Universitas Lamappapoleonro dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia akademik yang berdaya saing. Tantangan dalam mempertahankan dosen potensial tidak hanya berkaitan dengan kompensasi, tetapi juga dengan strategi pengelolaan talenta (talent management) yang efektif dan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi talent management terhadap retensi dosen muda di Universitas Lamappapoleonro, dengan meninjau lima dimensi utama, yaitu rekrutmen selektif, pelatihan dan pengembangan, mentoring, sistem penghargaan, serta promosi karier. Metode penelitian menggunakan pendekatan mixed methods, di mana data kuantitatif diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 50 dosen muda, sedangkan data kualitatif dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pihak pengelola sumber daya manusia dan pimpinan fakultas. Analisis data kuantitatif dilakukan menggunakan regresi berganda untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel talent management terhadap niat bertahan, sementara analisis kualitatif dilakukan dengan teknik analisis tematik untuk menggali faktor-faktor kontekstual yang mendukung retensi dosen muda. Hasil penelitian diharapkan dapat menghasilkan model strategi pengelolaan talenta yang efektif dan aplikatif bagi Universitas Lamappapoleonro serta memberikan rekomendasi kebijakan dalam pengembangan karier dosen muda secara berkelanjutan.

Keywords


talent management, retensi dosen muda, pengembangan SDM, Universitas Lamappapoleonro

Full Text:

PDF

References


Armstrong (Armstrong, 2014), M. (2014). Armstrong (Armstrong, 2014)’s Handbook of Human Resource Management Practice.

Mathis (Mathis & Jackson, 2011), R. L., & Jackson, J. H. (2011). Human Resource Management.

Robbins (Robbins & Judge, 2017), S. P., & Judge, T. A. (2017). Organizational Behavior.

Adawiah, Andi Manajemen Sumber Daya Manusia (Konflik dan Produktivitas Sumber Daya Manusia). 2023. Sumber Daya Manusia (Konflik. I. edited by M. S. Dr.Asmini, SE. and M. S. Yusri, S.Sos. Banyumas, jawa Tengah: Amerta Media.

Schaufeli (Schaufeli & Bakker, 2004), W. B., & Bakker, A. B. (2004). Job demands, job resources, and their relationship with burnout and engagement.

Cappelli (Cappelli, 2008), P. (2008). Talent Management for the Twenty-First Century.

Collings (Collings & Mellahi, 2009), D. G., & Mellahi, K. (2009). Strategic Talent Management.

Dessler (Dessler, 2020), G. (2020). Human Resource Management.

Creswell (Creswell, 2014), J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.

Miles (Miles et al., 2014), M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook.

Sugiyono (Sugiyono, 2019). (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Sekaran (Sekaran & Bougie, 2016), U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach.

Hausknecht (Hausknecht et al., 2009), J. P., Rodda, J., & Howard, M. J. (2009). Targeted Employee Retention: Performance-Based and Job-Related Differences in Reported Reasons for Staying. Human Resource Management, 48(2), 269–288.

Milkovich (Milkovich et al., 2017), G. T., Newman, J. M., & Gerhart, B. (2017). Compensation. McGraw-Hill Education.

Scandura (Scandura & Williams, 2004), T. A., & Williams, E. A. (2004). Mentoring and Transformational Leadership: The Role of Supervisory Career Mentoring. Journal of Vocational Behavior, 65(3), 448–468.




DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v12i2.8530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.