PENGARUH REPUTASI PERUSAHAAN, FITUR PRODUK, JARINGAN PEMASARAN, DAN PENGALAMAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA DEALER ASTRA DAIHATSU BATAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh reputasi perusahaan, fitur produk, jaringan pemasaran, serta pengalaman pelanggan terhadap loyalitas konsumen pada Dealer Astra Daihatsu Batam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang tercatat pada Dealer Astra Daihatsu Batam. Sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, sehingga diperoleh 97 responden.
Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang disusun berdasarkan skala Likert kepada responden. Metode analisis yang digunakan meliputi analisis deskriptif, pengujian asumsi klasik, serta uji hipotesis dengan bantuan program SPSS versi 20.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) reputasi perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, (2) fitur produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, (3) jaringan pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, (4) pengalaman pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, dan (5) secara simultan keempat variabel independen tersebut berpengaruh positif serta signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Dealer Astra Daihatsu Batam.
A B S T R A C T
This study aims to analyze and explain the influence of corporate reputation, product features, marketing networks, and customer experience on customer loyalty at Astra Daihatsu Dealer Batam. The population in this research consists of all registered customers of Astra Daihatsu Dealer Batam. The sample was determined using the Slovin formula with a 10% margin of error, resulting in 97 respondents.
Data were collected through questionnaires designed based on a Likert scale and distributed to respondents. The analytical methods used include descriptive analysis, classical assumption testing, and hypothesis testing with the assistance of SPSS version 20.
The results indicate that: (1) corporate reputation has a positive and significant effect on customer loyalty, (2) product features have a positive and significant effect on customer loyalty, (3) marketing networks have a positive and significant effect on customer loyalty, (4) customer experience has a positive and significant effect on customer loyalty, and (5) simultaneously, the four independent variables have a positive and significant effect on customer loyalty at Astra Daihatsu Dealer Batam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) reputasi perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, (2) fitur produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, (3) jaringan pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, (4) pengalaman pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, dan (5) secara simultan keempat variabel independen tersebut berpengaruh positif serta signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Dealer Astra Daihatsu Batam.
Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang disusun berdasarkan skala Likert kepada responden. Metode analisis yang digunakan meliputi analisis deskriptif, pengujian asumsi klasik, serta uji hipotesis dengan bantuan program SPSS versi 20.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) reputasi perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, (2) fitur produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, (3) jaringan pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, (4) pengalaman pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, dan (5) secara simultan keempat variabel independen tersebut berpengaruh positif serta signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Dealer Astra Daihatsu Batam.
A B S T R A C T
This study aims to analyze and explain the influence of corporate reputation, product features, marketing networks, and customer experience on customer loyalty at Astra Daihatsu Dealer Batam. The population in this research consists of all registered customers of Astra Daihatsu Dealer Batam. The sample was determined using the Slovin formula with a 10% margin of error, resulting in 97 respondents.
Data were collected through questionnaires designed based on a Likert scale and distributed to respondents. The analytical methods used include descriptive analysis, classical assumption testing, and hypothesis testing with the assistance of SPSS version 20.
The results indicate that: (1) corporate reputation has a positive and significant effect on customer loyalty, (2) product features have a positive and significant effect on customer loyalty, (3) marketing networks have a positive and significant effect on customer loyalty, (4) customer experience has a positive and significant effect on customer loyalty, and (5) simultaneously, the four independent variables have a positive and significant effect on customer loyalty at Astra Daihatsu Dealer Batam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) reputasi perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, (2) fitur produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, (3) jaringan pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, (4) pengalaman pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, dan (5) secara simultan keempat variabel independen tersebut berpengaruh positif serta signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Dealer Astra Daihatsu Batam.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33373/bening.v12i2.8589
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN Barcode:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Jurnal Bening













