IMPLEMENTASI MENABUNG SEJAK DINI SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEMANDIRIAN FINANSIAL PADA ANAK PANTI ASUHAN YAA BUNAYYA

Shayla Hurul Aini, Catur Fatchu Ukhriyawati, Tibrani tibrani, Junierrisa Marpaung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kegiatan menabung sejak dini serta dampaknya terhadap kemandirian finansial anak-anak Panti Asuhan Yaa Bunayya. Masih rendahnya literasi finansial di kalangan anak - anak panti asuhan yang selama ini lebih berfokus pada pendidikan karakter dan akademik dibandingkan pembelajaran pengelolaan keuangan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap anak panti dan pengurus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan menabung sejak dini di Panti Asuhan Yaa Bunayya memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan kemampuan anak dalam mengelola uang saku, belajar untuk mengatur kebutuhan, membedakan antara keinginan dan kebutuhan, serta menunda hal lain untuk tujuan jangka panjang. Implementasi kegiatan menabung di lingkungan panti asuhan terbukti berperan penting dalam membangun karakter anak yang mandiri secara finansial. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa pembiasaan menabung sejak dini tidak hanya memperkuat literasi keuangan, tetapi juga berperan penting dalam membentuk perilaku mandiri, tanggung jawab, dan perencanaan masa depan anak panti.

Full Text:

PDF

References


Bandura, A. (1986). “Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory”. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Hurlock, E. B. (2002). “Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan” (Edisi Kelima). Jakarta: Erlangga.

Kasmir. (2014). “Manajemen Perbankan”. Jakarta: Rajawali Pers.

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The Economic Importance of Financial Literacy: Theory and Evidence. “Journal of Economic Literature, 52”(1), 5–44. [https://doi.org/10.1257/jel.52.1.5](https://doi.org/10.1257/jel.52.1.5)

Nisa, A., & Hartati, S. (2018). Pengaruh Kebiasaan Menabung terhadap Kemandirian Anak Sekolah Dasar. “Jurnal Pendidikan Karakter, 8”(3), 412–425.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (2022). “Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2022”. Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan.

Putri, A. D., & Lestari, D. (2020). Edukasi Menabung Sejak Dini sebagai Upaya Pembentukan Karakter Finansial Anak Sekolah Dasar. “Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 3”(2), 101–110.

Sabri, M. F., & MacDonald, M. (2010). Savings Behavior and Financial Problems Among College Students: The Role of Financial Literacy in Malaysia. “Cross-Cultural Communication, 6”(3), 103–110.

Suhartono, T. (2017). Peran Panti Asuhan dalam Pembinaan Karakter Anak Yatim dan Dhuafa. “Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 6”(1), 45–54.

Suryani, N. (2019). Pentingnya Menabung Sejak Dini dalam Pembentukan Karakter Anak. “Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8”(2), 135–144.

University of Cambridge. (2013). “Habit Formation and Learning in Young Children: Money and Financial Behaviour Report”. Cambridge: University of Cambridge Research Centre.

Yuliana, R. (2022). Program Tabungan Karakter sebagai Upaya Meningkatkan Kedisiplinan dan Kesadaran Finansial Anak Panti Asuhan. “Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Sosial, 5”(1), 67–76.




DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v12i2.8609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.