EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KOMIK WEBTOON TERHADAP KECEMASAN MATEMATIKA SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriono, R. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 1252–1258. https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6370
Cahyaningtias, V. P., & Ridwan, M. (2021). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Motivasi. Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2), 55. https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i2.5727
Dayana, N. M., Sudarman, S. W., & Andayani, S. (2022). Pengembangan Media Komik Matematika Berbasis Webtoom Kelas VII Materi Aritmatika Sosial Dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 54–65. https://doi.org/10.24127/emteka.v3i1.1287
Dharsono, F. M., & Prabawati, M. N. (2025). Etnomatematika: etnomodeling tari merak sunda. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 7(2), 206-215. https://doi.org/10.33503/prismatika.v7i2.294
Diah, R., & Siregar, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Modifikasi Metode Gasing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 1034–1042.
Farhan, M., Apriyanto, M. T., & Hakim, A. R. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Uma Lengge Untuk Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 98–106. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i2.1965
Haerunnisa, D., & Imami, A. I. (2022). Analisis Kecemasan Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 4(1), 2654–9417. http://dx.doi.org/10.31949/dmj.v2i2.2074
Irawan, A., & Hakim, M. A. R. (2021). Kepraktisan Media Pembelajaran Komik Matematika pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 91–100. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.2934
Izzati, G. N., Waluya, S. B., & Mastur, Z. (2021). Kemampuan Berpikir Divergen Ditinjau Dari Math Anxiety Dan Gender Pada Pembelajaran Matematika. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 69–78. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i2.583
McLeod, S. (2025). Vygotsky’s Theory of Cognitive Development. Simply Psychology.
Muhammad, I. (2023). Penelitian Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika (1995–2023). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 427–438. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.276
Novitasari, K. A., Januar, H., Suneki, S., & Tunjungsari, D. R. (2023). Media Tangga Pintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 9(3), 1500–1506.
Pujiastuti, R., Sulistyowati, F., Arigiyati, T. A., Arcana, I. N., & Agustito, D. (2023). Tingkat Kecemasan Matematika Siswa dalam Pembelajaran Persamaan Kuadrat. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 135–140.
Putri, N. R., Prasetyo, D., & Wibowo, S. (2024). The role of multimedia learning in reducing math anxiety to improve students’ mathematical abilities. Journal of Educational Technology and Innovation, 8(2), 112–123.
Ramadhani, N. (2024). Pengembangan komik matematika berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa SMP. Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
Rinaldi, A. F. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Berilustrasi Budaya Jambi Menggunakan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Disertasi. Universitas Jambi.
Rismayana, D., Dinar, M., & Minggi, I. (2021). Description of students Mathematical anxiety based on the students’ mathematics ability. ARRUS Journal of Mathematics and Applied Science, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.35877/mathscience555
Safithri, R., Saputri, R., Leoni, L., & Marni, L. G. (2022). Pengaruh Penerapan Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Kelas VII SMP: Hasil Riset. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 1(2), 38-46. https://doi.org/10.31004/jerkin.v1i2.8
Saifudin, M., Rahmawati, A, D., & Sasomo, B. (2025). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau Dari Kecemasan Matematika pada Kelas VII MTS SA Al Murtadho Kedungwaru. Bilangan: Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian Dan Angkasa, 3(2), 121–134. https://doi.org/10.62383/bilangan.v3i2.473
Sulistyawati, E. (2018). Pembelajaran matematika dengan pendekatan konstekstual berbasis budaya lokal untuk siswa sekolah menengah pertama. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1), 77-89.
Sururina, I., & Fakhriyana, D. (2024). Media Pembelajaran Komik Webtoon Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 6(2), 120–133. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/jppm/article/view/8507/3702
Tsaqila, S., & Astriani, L. (2023). Analisis math anxiety dalam pembelajaran matematika pada materi bangun datar kelas 5 siswa sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional rise LPPM UMJ, 1–5.
Vrasetya, A., & Gunawan, R. G. (2024). Analisis Tingkat Mathematic Anxiety dalam Pembelajaran Matematika. Venn: Journal of Sustainable Innovation on Education, Mathematics and Natural Sciences, 3(3), 115–120. https://doi.org/10.53696/venn.v3i3.159
DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v11i2.8440
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.














