UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU MELALUI METODE KARYAWISATA KELAS VIIC SMPN 50 BATAM

Desma Yulia, rezky Mulia

Abstract


Pemakaian metode ceramah yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran membuat siswa kurang merasa senang dan bersemangat dalam pembelajaran. Hal tersebut terlihat dari minat belajar siswa yang kurang terhadap mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VIIC SMP Negeri 50 Batam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode karyawisata dapat meningkatkan minat belajar siswa IPS Terpadu di kelas VIIC SMP Negeri 50 Batam tahun pelajaran 2015/2016.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain penelitian model Kemmis dan MC Tagart. Siswa yang diteliti yaitu kelas VIIC SMP Negeri 50 Batam menggunakan dua siklus. Satu siklus terdiri dari empat langkah, yaitu perencanaan (planning), aksi atau tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik analisa data menggunakan angket dalam setiap tindakan, angket dibagian setelah diterapkannya metode pembelajaran dikelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap minat belajar siswa pada kelas VIIC SMP Negeri 50 Batam sebelum dan sesudah memakai metode karyawisata. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan persentase minat belajar siswa dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi berdasarkan jumlah rata-rata peresentase minat siswa yang diambil dari angket. Pada pra tindakan siswa yang berminat 49,95 %, siklus I siswa yang berminat sebanyak 74,933%, sedangkan pada siklus II siswa yang berminat meningkat menjadi 81,967%. Untuk tingkat minat belajar pada penelitian ini sudah dapat dikatakan berhasil karena ≥ 75% dari jumlah seluruh siswa sudah mencapai kriteria keberhasilan yang ditentukan.


Full Text:

PDF

References


Azlia, Nur. (2015). “Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPS Terpadu dengan Menggunakan Metode Cooperative Learning Tipe Learning Together pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Batam Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Riau Kepulauan, Batam

Dinata Poridian Edmon. (2014). “Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kontruktivistik dengan Media Amplok di Kelas VII SMPN 44 Batam T.A.2014/2015”. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Riau Kepulauan, Batam

Endahwati, Sri. (2010). “Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPS melalui Pembelajaran Contekstual Teaching Learning (CTL) Kelas VII SMP Negeri 9 Batam Tahun Pelajaran 2009/2010”. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Riau Kepulauan, Batam

Gultom, Nurmala. (2012). “Peranan guru IPS dalam membangkitkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 12”. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Riau Kepulauan, Batam

Hamalik, Oemar. (1990). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Hamdayama, Jumanta. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: GI

Karwati, Euis. (2014). Manajemen Kelas. Jakarta: Alfabeta

Paizaluddin. (2014). Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: Alfabeta

Peratiwi, Ratna. (2013). “Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pecahan melalui Model Problem Based Learning di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Randugunting 4 Kota Tegal”. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Semarang, Tegal.

Rofikoh, Sri. (2015). “Hubungan Fungsi Perpustakaan dengan Minat Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas VII SMP Negeri 43 Batam Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Riau Kepulauan, Batam

Rosyada, Dede. (2004). Paradigma Pendidikan Demokratis. Jakarta: Kencana

Sanjaya, Wina. (2006). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Kencana Prenada Media Grup

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet

Sutikno, Sobry. (2014). Metode dan Model-model Pembelajaran. Mataram: Holistica

Susanti, Rini. (2011). Bahan Ajar Belajar dan Pengajaran. Batam




DOI: https://doi.org/10.33373/j-his.v3i2.1686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah

P-ISSN 2301-8305        E-ISSN 2599-0063

Published by: Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau Kepulauan, Batam, Indonesia.

Jl. Batu Aji Baru No. 99 Batam Propinsi Kepulauan Riau, Batam,  Indonesia.

Email; historiaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.