SEJARAH MASJID RAYA BAITUSYSYAKUR SUNGAI JODOH KOTA BATAM TAHUN 1986-2018

Anisa Sri Nastiti, Arnesih Arnesih

Abstract


Hal yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu ingin mendapatkan informasi yang akurat dalam Sejarah Masjid Raya Baitusysyakur bertempatan di Sungai Jodoh Kota Batam pada tahun1986-2018. Penelitian kualitatif dengan suatu pendekatan historis sejarah merupakan metode dalam penelitian ini ada beberapa tahap yang diantaranya sebagai berikut: (1) Asal data sumber merupakan dari sebuah sumber primer dan sumber sekunder, (2) pengetahuan yang berperan dalam pengumpulan data terdiri dari sebuah observasi, wawancara seorang pengurus jamaah masjid Baitusysyakur, serta dokumentasi-dokumentasi yang dikumpulkan, (3) dalam teknik sebuah analisis terdiri dari heuristik atas pengumpulan data sumber,kritik internal dan kritik eksternal serta interpretasi dan historiografi. Hasil penelitian ini adalah menunjukan bahwa sejarah masjid Raya Baitusysyakur Sei Jodoh di Kota Batam pada tahun 1986-2018 yang telah mengalami perubahan bentuk fisik bangun, dalam segi bentuk bagunan masjid yang mengalami perubahan pada awalnya yang berbetuk kayu sampai pada bagunan yang megah. Masjid ini sebelum berdirinya sudah memiliki 7 Makam yang tidak memiliki identitas nama, makam  ini terletak di lahan bagunan asli yang dimana perbukitan sebelum masjid ini mengalami pembangunan.

Keywords


Sejarah, Masjid Raya Baitusysyakur, Kota Batam

Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz, Muhammad. 2018. Peran Takmir Masjid Dalam Membina Kepribadian Yang Religius Pada Remaja Masjid Al-Aqsha Reksosari Desa Reksosari Kecamatan Suruh Tahun 2018. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Daliman, A. 2018. Metode Penelitian Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Gunawan, M. 2014. Provinsi Kepulauan Riau. Batam: Titik Cahaya Elka.

Hamid, dkk 2011. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Idrus,Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan kuantitatif. Yogyakarta: Penerbit Erlangga.

Madjid, dkk. 2018. Ilmu Sejarah Sebuah Pengantar. Cimangis, Depok: Penerbit: Prenadamedia Group.

Maleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

M. Hamdan, Ali Mabrur. 2010. Peranan Masjid Dalam Islam (Studi Kasus di Masjid Al-Munawar Desa Karangwaru Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung). Skripsi. IAIN Tulungagung.

Mustika Ati, Ahsana. 2011. Pengelolaan Wisata Reliqi (Studi Kasus Makam Sultan Hadiwijaya Untuk Pengembagan Dakwah). Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

Nafiah, Ainun. 2018. Spiritualitas Dalam Ziarah Kubur (Studi Atas Motivasi Peziarah di Makam Pangeran Sukowati Dusun Kranggan Desa Pengkol Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen). Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Nasution, Ade P. 2017. Potret Kehidupan Masyarakat Hinterland Batam. Penerbit: Universitas Riau Kepulauan.

Novitri, Sekar Ayu. 2010. Pengaruh Mitos Pada Arsitektur Makam. Skripsi. Universitas Indonesia.

Pratiwi, Diana. 2017. Upaya Pengurus Masjid Al-Whustho Dalam Pembangunan Bidang Agama Di Desa Sukaraja Kecamatan Way Tenong Lampung Barat. Skripsi: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Rahmawan, Feri. 2013. Fungsi Sosial Masjid Terhadap Masyarakat (Studi Kasus Di Masjid AL-Hidayah Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman). Skirpsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Refki, Rahman. 2016. Perencanaan Program Kegiatan Masjid Al-Hidayah Purwosari Sinduadi Mlati Sleman D.I Yogyakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Restya Dewi, Sevia. 2018. Sejarah Perkembagan Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Di Kota Batam Tahun 1999-2018. Skripsi. Universitas Riau Kepulauan.

Saptiani, Dewi. 2018. Eksitensi Makam Badang Sebagai Wisata Reliqi di Pulau Buru Tanjung Balai Karimun. Skripisi. Universitas Riau Kepulauan Batam.

Safitri, Zafwiyanur. 2017. Presepsi Masyarakat Terhadap Praktik Ziarah Kubur Pada Makam Uluma Di Semarang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Soekmono, R. 1973. Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia 3. Yokyakarta : Kanisius.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tutiana, Memori. 2017. Fenomena Ziarah Makam Keramat Mbah Nurpiah dan Pengaruh Terhadap Aqidah Islam. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Widoyoko, E.P. 2012a. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widoyoko, E.P. 2012b. Kepulauan Riau; The Beauty of Nature.

Sumber Internet:

https://kecbatuampar.batam.go.id/profil-kecamatan/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah

P-ISSN 2301-8305        E-ISSN 2599-0063

Published by: Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau Kepulauan, Batam, Indonesia.

Jl. Batu Aji Baru No. 99 Batam Propinsi Kepulauan Riau, Batam,  Indonesia.

Email; historiaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.