Sejarah Kebudayaan Melayu

Tri Tarwiyani

Abstract


Sebuah kebudayaan sama seperti makhluk hidup yang lahir, berkembang, dan kemungkinan dapat mati atau hilang. Eksistensi suatu kebudayaan terletak pada kemampuan masyarakat sang pemiliki kebudayaan untuk mempertahankan kebudayaan tersebut. Hubungan yang erat antara kebudayaan dan masyarakat sang pemilik kebudayaan sama seperti hanya manusia yang terdiri dari aspek material dan spititual. Tulisan singkat yang berjudul Sejarah Kebudayaan Melayu bertujuan untuk mengungkapkan salah satu kebudayaan di Indonesia yaitu kebudayaan Melayu khusunya terkait dengan perkembangan kebudayaan Melayu mulai dari awal kedatangan hingga saat ini yang menyebabkan masyarakat Melayu diidentikkan dengan Islam. Tulisan ini sampai pada penemuan bahwasannya kebudayaan telah mengalamai berbagai tahapan perkembangan yang dalam hal ini perkembangan kebudayaan tersebut terjadi juga karena adanya interaksi dengan kebudayaan lain.


Keywords


Perkembangan, Sejarah, Kebudayaan, Melayu

Full Text:

PDF

References


Kling, Zainal, 2003, Pelestarian dan Pengembangan Masyarakat dan Kebudayaan Melayu, dalam Rahman, Elmustiam, Tien Marni, dan Zulkanain, Alam Melayu; sejumlah gagasan menjemput keagungan, Unri Press Kerjasama Dinas Kebudayaan, Kesenian, dan Pariwisata Provinsi Riau, Pekanbaru.

Rahman, Elmustian, 2003, Mencapai Riau sebagai Pusat Kebudayaan Melayu, dalam Rahman, Elmustiam, Tien Marni, dan Zulkanain, 2003, Alam Melayu; sejumlah gagasan menjemput keagungan, Unri Press Kerjasama Dinas Kebudayaan, Kesenian, dan Pariwisata Provinsi Riau, Pekanbaru.

Samin, Suwardi Muhammad, 2003, Budaya Melayu dalam Citra Tamaddun Bahari, dalam Rahman, Elmustiam, Tien Marni, dan Zulkanain, Alam Melayu; sejumlah gagasan menjemput keagungan, Unri Press Kerjasama Dinas Kebudayaan, Kesenian, dan Pariwisata Provinsi Riau, Pekanbaru.

______, 2007, Bahan Ajar Kebudayaan Melayu, Sekolah Tinggi Pariwisata Riau dan Akademi Pariwisata Engku Puteri Hamidah, Pekanbaru.

______, 2008, Dari Melayu ke Indonesia, peranan kebudayaan Melayu dalam memperkokoh identitas dan jati diri bangsa, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Thamrin, Husni, 2003, Problematika Masyarakat Melayu di Asia Tenggara, dalam Rahman, Elmustiam, Tien Marni, dan Zulkanain, Alam Melayu; sejumlah gagasan menjemput keagungan, Unri Press Kerjasama Dinas Kebudayaan, Kesenian, dan Pariwisata Provinsi Riau, Pekanbaru.




DOI: https://doi.org/10.33373/hstr.v6i2.3085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 HISTORIA: Journal of Historical Education Study Program

P-ISSN 2301-8305        E-ISSN 2599-0063

Published by: Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau Kepulauan, Batam, Indonesia.

Jl. Batu Aji Baru No. 99 Batam Propinsi Kepulauan Riau, Batam,  Indonesia.

Email; historiaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.