PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS IX SMPN 25 BATAM T.A 2021/2022

FITRI YANTI, Nurmila mila

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu menggunakan metode Picture and Picture di SMP Negeri 25 Batam  T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, quasi eksperimental research. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX IPS SMP Negeri 25 Batam. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling, yaitu dengan menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berbentuk soal pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode Picture and Picture efektif terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX SMPN 25 Batam, terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa diperoleh hasil belajar siswa dengan nilai terbesar siswa kelas eksperimen (Xmax) adalah 100 dan nilai terkecil (Xmin) adalah 75 dengan mean 82.3. Sedangkan pada kelas kontrol, nilai terbesar siswa (Xmax) adalah 90 dan nilai terkecil (Xmin) adalah 60, dengan mean 74.5 yang menandakan presentase hasil belajar belum mencapai KKM 75.00.


Keywords


Metode Pembelajaran Picture and Picture, Hasil Belajar Siswa, SMPN 25 Batam

Full Text:

PDF

References


Edy, Surahman & Mukminan. 2017. Peran Guru IPS Sebagai Pendidik dan Pengajar dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPS. Vol. 4 No. 1. diakses dari Https://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Hsjpi/Article/View/8660 Pada 03 Maret 2022.

Eka, Yusnaldi. 2019. Potret Baru Pembelajaran IPS. Medan: Perdana Publishing: diakses Http://Repository.Uinsu.Ac.Id/8103/1/Potret%20baru%20%20pembelajaran%20ips.Pdf Pada 04 Maret 2022.

Husniatun. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 1.A SDN 03/IX Senaung. Vol. 3, No. 2. Jurnal Literasiologi. diakses Https://Jurnal.Literasikitaindonesia.Com/Index.Php/Literasiologi/Article/Download/95/118 pada 08 Maret 2022.

Kosilah & Septian. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol. 1, No. 6. diakses dari Https://Stp-Mataram.E-Journal.Id/Jip/Article/View/214 pada 10 Maret 2022.

Nurlianti & Martina, Napra, T. 2020. Pelaksanaan Metode Pembelajaran Picture and Picture oleh Guru Fikih di Madrasah Ibtidaiyah Al-Rasyid Simpang Tiga Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka. Jurnal Mitra PGMI. Vol. 6. No. 1. diakses dari Https://Ejournal.Stai-Tbh.Ac.Id/Index.Php/Mitra-Pgmi/Article/Download/94/Nurlimar pada 04 Maret 2022.

Oktavia, Hardiyantari. 2017. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Teknik Dinamis Pada Mata Pelajaran Produktif Teknik Komputer dan Jaringan untuk Siswa SMK Kelas X. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Vol. 4, No. 1. diakses dari Http://Www.Spssindonesia.Com/2019/04/Cara-Menghitung-N-Gain-Score-Spss.Html pada 05 Maret 2022.

Sulastri, Imran & Arif. F. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi pembelajaran berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol. 3. No. 1. Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/113571-ID-meningkatkan hasil-belajar-siswa-melalui.pdf pada 04 Maret 2022.

T. Dicky Hastjarjo. 2019. Rancangan Eksperimen-Kuasi. Jurnal Buletin Psikologi. Vol. 27 No.2 : 187-203: diakses dari Https://Jurnal.Ugm.Ac.Id/Buletinpsikologi/Article/View/38619/Pdf pada 05 Maret 2022.

UU Republik Indonesia No.20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional dan Penjelasannya. Jakarta, Sinar Grafika. diakses dari Https://Pusdiklat.Perpusnas.Go.Id/Regulasi/Download/6 Pada 04 Maret 2022.

Wiwik, Yully, W. 2019. Keefektifan Model Pembelajaran Picture and Picture dalam Keterampilan Menulis untuk Tingkat Universitas. Jurnal Kredo.Vol. 2, No.2. diakses dari Https://Jurnal.Umk.Ac.Id/Index.Php/Kredo/Article/View/3027/0 pada 12 Maret 2022.




DOI: https://doi.org/10.33373/hstr.v7i2.4837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 HISTORIA: Journal of Historical Education Study Program

P-ISSN 2301-8305        E-ISSN 2599-0063

Published by: Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau Kepulauan, Batam, Indonesia.

Jl. Batu Aji Baru No. 99 Batam Propinsi Kepulauan Riau, Batam,  Indonesia.

Email; historiaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.