KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT KAMPUNG TUA TANJUNG PIAYU LAUT SETELAH ADANYA WISATA KULINER TAHUN 2010-2022

Rohaizan - Rohaizan, Arnesih - Arnesih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Kampung Tua Tanjung Piayu Laut Setelah Adanya Wisata Kuliner Tahun 2010-2022. Kampung Tua Tanjung Piayu Laut merupakan kampung tua yang berada diujung Kelurahan Tanjung Piayu. Lokasi yang jauh dari pusat Kota Batam. Sehingga kampung ini jarang dikunjungi oleh masyarakat luar. Pada tahun 2010 mulai berdirinya restoran seafood sehingga Kampung Tua Tanjung Piayu Laut dikenal oleh seluruh masyarakat dalam dan luar Kota Batam sebagai wisata kuliner yang menyajikan makanan olahan seafood. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif pendekatan ilmu ekonomi. Adanya perubahan dan perkembangan kehidupan sosial ekonomi masyarakat Kampung Tua Tanjung Piayu Laut setelah adanya wisata kuliner tahun 2010-2022. Perubahan kehidupan masyarakat baik kehidupan sosial maupun ekonominya. Ekonomi masyarakat menjadi lebih baik, mata pencaharian masyarakat menjadi beragam dan pendidikan masyarakat juga yang sudah merata dan berkembang. Dengan demikian semakin meningkat kesejahteraan masyarakat Kampung Tua Tanjung Piayu Laut.

Keywords


Kehidupan Sosial Ekonomi, Kampung Tua Tanjung Piayu Laut, wisata kuliner

Full Text:

PDF

References


Ginting, Mulianta Ari. 2013. Kendala Pembangunan Provinsi Daerah Kepulauan: Studi Kasus Provinsi Kepulauan Riau. Jurnal Politica. 04. 51. (Di Akses 18 November 2022).

Moleong. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Prismaningtyas, Cecilia Wening. 2016. Memahami Konsep Loyalitas Pada Ibu Rumah Tangga dalam Pemilihan Produk Rumah Tangga. Skripsi. Tidak diterbitkan.Universitas Airlangga. Surabaya.

Zahrulianingdyah, Atiek. 2018. ”Kuliner Sebagai Pendukung Industri Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal”. Jurnal Teknobuga. 6.1-2. (Di Akses 18 November 2022).




DOI: https://doi.org/10.33373/hjpsps.v8i1.5487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Historia : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah

P-ISSN 2301-8305        E-ISSN 2599-0063

Published by: Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau Kepulauan, Batam, Indonesia.

Jl. Batu Aji Baru No. 99 Batam Propinsi Kepulauan Riau, Batam,  Indonesia.

Email; historiaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.